Bahan Untuk Membuat Kelambu Ini, Paling Banyak Dicari

Sebelum membahas apa bahan untuk membuat kelambu, mari kita bahas apa itu kelambu terlebih dahulu karena banyak orang-orang jaman sekarang yang tidak mengenal apa itu kelambu. Sangat disayangkan karena kelambu ini salah satu alat penangkal nyamuk yang aman jika dibandingkan dengan obat nyamuk yang banyak beredar dipasaran. Kelambu adalah sebuah tirai tipis berlubang-lubang kecil yang halus, dipasang mengelilingi tempat tidur sehingga nyamuk dan serangga lainnya tidak bisa masuk ke dalam area yang dilindungi oleh kelambu.

Baca juga:

Bahan yang dibuat untuk membuat kelambu adalah sejenis kain tile atau tulle dalam bahasa inggris. Ciri khas dari kain tule ini adalah memiliki permukaan yang berlubang-lubang, terbuat dari benang polyester, katun, nilon, sutra ataupun rayon tergantung dari peruntukkannya. Kain tile ini dilihat dari fungsinya dibagi menjadi tiga yaitu:

Tile Lembut

Tile lembut atau halus biasanya terbuat dari benang sutra atau polyester. Kain tile yang satu ini sangat cocok untuk membuat gaun resmi seperti gaun malam dan kebaya. Dipadu dengan brokat, kain tile halus lebih banyak digunakan oleh para perancang busana untuk membuat gaun-gaun pengantin yang spektakuler.

Baca juga: Cara Memilih Gorden Minimalis

Tile Menengah

Tile menengah ini handlingnya tidak halus tapi juga tidak kaku. Jenis kain tile ini banyak digunakan untuk membuat baju-baju setengah resmi seperti prewed, atau juga biasanya digunakan untuk membuat baju-baju pesta anak-anak.

Baca juga: Cara Membuat Kelambu Untuk Box Bayi

Tile Kaku

Kain yang satu ini handlingnya kaku sehingga tidak nyaman jika digunakan sebagai bahan membuat baju. Jenis tile kaku ini biasanya digunakan sebagai hiasan di penghantar pengantin, pembungkus hadiah-hadiah pernikahan dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Gorden Kupu-kupu

Dari ketiga jenis kain tile diatas, kelambu biasanya menggunakan jenis yang menengah. Penggunaan jenis kain tile menengah ini dianggap tepat karena akan membuat kelambu tidak susah dibentuk namun juga tidak terlalu jatuh. Saat ini beragam variasi kain untuk kelambu telah diproduksi, berbagai macam warna tersedia dan bahkan corak dan gambarnyapun sangat menarik sehingga akan mempercantik tempat tidur anda.

Jika anda biasa menggunakan obat nyamuk, maka sekarang saatnya untuk berhenti. Banyak sekali zat berbahaya dalam obat nyamuk, diantaranya adalah:

  1. Zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker jika kulit dan pernafasan terpapar secar terus menerus.
  2. Zat nikotin yang terdapat pada obat nyamuk bakar sangat fantastis, jika dibandingkan dengan rokok maka perbandingannya adalah 1 : 100. Seram ya?
  3. Polusi yang ditimbulkan oleh asam obat nyamuk bakar lebih berbahaya jika dibandingkan dengan asap knalpot.
  4. Zat pyrethrum yang terkandung dalam obat nyamuk bakar dan semprot akan menimbulkan serangan asma pada penderitanya. Pada dosis yang tinggi, zat ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada saraf dan menurunnya fungsi kekebalan tubuh. [AdSense-B]
  5. Zat Formaldehida akan menimbulkan gangguan pada hidung, tenggorokan gatal, batuk, sinus, kanker, iritasi kulit.
  6. Zat octachlorodipropyl eter jika dibakar maka akan menimbulkan efek samping berupa penyebab timbulnya kanker paru-paru.
  7. Zat deet ini terdapat pada obat nyamuk semport, zat ini dapat menimbulkan sifat korosif. Efek samping dari zat ini adalah menimbulkan hipertensi, mood buruk, insomnia, iritasi pada kulit dsb.

Itulah ketujuh zat berbahaya yang  terkandung dalam obat nyamuk, apakah anda masih mau menggunakannya?

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,