Cara Melipat Kawat Kelambu Gantung Paling Mudah Dilakukan

Saat ini mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu, kembali menjadi tren. Makin banyak orang yang lebih mementingkan kesehatan dan lingkungan hidup yang nyaman sehingga lebih memilih kelambu dari pada obat nyamuk yang mengandung pestisida.

Mengikuti permintaan pasar yang semakin beragam, saat ini banyak sekali dijual jenis dan model kelambu diseseuaikan dengan kebutuhan dan fungsi utamanya. Salah satu jenis kelambu yang laris dipasaran adalah jenis kelambu gantung. Ada beberapa model yang tersedia untuk jenis kelambu gantung ini jika dilihat dari bentuknya yaitu:

  1. Kelambu gantung bulat, biasanya mempunyai satu titik untuk digantung di langit-langit kamar, dan rangkanya berbentuk bulat.
  2. Kelambu gantung persegi, rangka berbentuk persegi dan mempunyai satu titik gantung ditengah rangka.
  3. Kelambu gantung tanpa rangka, jenis ini biasanya mempunyai 4 titik gantung disudut yang sesuai dengan ukuran panjang dan lebar tempat tidur yang akan dipasang kelambu.

Sedangkan untuk rangkanya, tersedia 3 jenis rangka yaitu:

  • Baja elastis
  • Paralon
  • Kayu

Dari ke 3 jenis rangka diatas, hanya yang terbuat dari baja elastis yang bisa dilipat. Biasanya jenis kelambu gantung bulat yang terbuat dari baja elastis dan cara melipatnya pun mudah. Berikut cara melipat kawat/baja elastis kelambu gantung:

  1. Lepaskan kelambu dari rangkanya secara perlahan, anda harus ektra hati-hati agar kelambu tidak sobek.
  2. Siapkan tali yang kuat untuk mengikat rangka kelambu.
  3. Biasanya diameter rangka tidak terlalu lebar (kira-kira hanya 75 cm), jadi cukup dengan satu lipatan saja.
  4. Letakan rangka kawat ditempat yang luas, anda harus berhati-hati karena bisa lepas dari pegangan dan mengenai anda atau orang disekitar anda.
  5. Pegang kawat di dua sisi yang berbeda.
  6. Lipat kawat di tangan kanan anda ke kanan, sementara yang ditangan kiri ditahan.
  7. Satukan kawat di tangan kanan dan kiri.
  8. Sekarang terbentuk 2 lingkaran yang lebih keci.
  9. Ikat kawat dengan kuat di dua tempat. Agar lebih mudah dan tidak menimbulkan kecelakaan, anda lebih baik meminta bantuan orang lain.
  10. Rangka kawat sekarang sudah siap untuk disimpan.

Itulah 10 langkah cara melipat kawat kelambu gantung. Walau terlihat mudah namun anda harus ekstra hati-hati karena rangka elastis tersebut jika tidak dipegang dengan kuat akan berbalik mengenai anda dengan kekuatan penuh.

Sebetulnya anda tidak perlu melipat kawat kelambu gantung karena diameternya yang kecil, anda bisa leluasa menyelipkannya ditempat yang sempit seperti dibelakang lemari atau diatasnya. Namun sebelum disimpan ditempat terbuka dan rawan debu tersebut, anda harus membungkusnya dengan rapi dan sama sekali tidak boleh ada celah. [AdSense-B]

Sedangkan untuk kelambunya anda harus terlebih dahulu mencucinya, mudah kok melakukannya. Anda tinggal mengikuti cara mencuci kelambu gantung berikut:

  • Lepaskan kelambu dari rangkanya
  • Siapkan ember besar berisi air dan deterjen
  • Rendam kelambu kira-kira selama 60 menit, hingga air rendaman berubah warna
  • Ulangi langkah no 3 hingga air rendaman tidak terlalu kotor
  • Bilas kelambu hingga bersih
  • Jemur hingga betul-betul kering

Nah sekarang karena kelambunya sudah bersih dan rangkanya sudah dilipat, anda bisa menyimpannya tanpa membutuhkan tempat yang luas.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,