5 Cara Melipat Kelambu Gantung

Cara melipat kelambu gantung sebenarnya sangat mudah hanya saja tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara melipat kelambu gantung secara benar. Ada banyak cara melipat kelambu gantung yang mudah tapi tidak semuanya benar walaupun tentu saja cara melipatnya yang benar tidak selalu mudah. Kelambu gantung merupakan salah satu jenis kelambu modern tapi tidak termasuk dalam jenis kelambu portable karena memang biasanya ketika orang memutuskan untuk memasang kelambu gantung adalah untuk jangka waktu yang lama tidak seperti cara memasang kelambu modern karena kebanyakan kelambu modern saat ini yang bisa dibongkar pasang setiap hari. Namun demikian ada kalanya kelambu gantung harus dilepas atau dilipat terutama ketika akan dicuci atau ketika tidak digunakan waktu yang lama mengingat karena kelambu gantung biasanya cara memasang kelambu gantung dipasang secara semi permanen kemungkinan debu menempel sangatlah banyak.

Artikel terkait:

Cara Melipat Kelambu Gantung

Adapun cara melipat kelambu gantung atau cara melipat kelambu bulat bisa dibilang tidak sulit namun juga bukan sesuatu yang bisa Anda anggap mudah karena ukuran kelambu gantung yang besar bisa sangat menyulitkan bagi beberapa orang.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan gantungan kelambu gantung yang biasanya dipasang cukup tinggi karena dipasang pada langit-langit.
  2. Setelah diturunkan dari gantungan lepaskan kelambu dari besi penggantungnya yang biasanya berbentuk bulat.
  3. Lalu tarik tali kelambu yang tadinya mengerut sehingga kelambu tak lagi berkerut tapi membentuk persegi.
  4. Ketika kelambu sudah berbentuk persegi maka proses melipatpun menjadi lebih mudah seperti halnya Anda melipat selimut persegi.
  5. Selain dilipat, kelambu gantung juga bisa digulung dikarenakan ukurannya yang relatif besar, agak sulit untuk rapi ketika dilipat tapi jika digulung bisa lebih rapi dan diikat agar lebih mudah disimpan.

Pentingnya Mencuci Kelambu Gantung

Proses melepaskan kelambu gantung dan mencucinya harus dilakukan secara rutin karena seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa kelambu gantung biasanya dipasang secara semi permanen. Tidak seperti kebanyakan jenis kelambu portable yang bisa dengan mudah dibongkar pasang, kelambu gantung biasanya hanya dibiarkan menggantung dan digulung jika tidak digunakan di pagi atau siang hari dan hanya sekedar dilepaskan dari gulungan saja ketika akan dipakai di malam hari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kelambu gantung perlu untuk dicuci secara rutin:

  • Karena dipasang secara semi permanen maka akan sangat mudah bagi kelambu gantung untuk dihinggapi debu. Debu yang menempel bisa menyebabkan gangguan pernapasan.
  • Bahan untuk kelambu biasanya terbuat dari benang sejenis jala jadi jika tidak dicuci secara teratur bisa menimbulkan bau apek. Bau apek artinya tak hanya disebabkan oleh debu saja tapi ada kemungkin dihinggapi oleh bakteri. Dengan kata lain walaupun keluarga Anda terlindungi dari nyamuk tapi karena menggunakan kelambu yang kotor justru menyebabkan penyakit lain.
  • Kelambu gantung yang sering dicuci akan memberikan kesegeran tersendiri apalagi jika dicuci dengan pewangi maka kelambu juga akan berbau wangi sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Artikel terkait:

Melipat kelambu gantung tidaklah sulit namun mencucinya bisa menjadi masalah karena kelambu gantung biasanya berukuran sangat besar setidaknya memiliki panjang kain yang sama dengan keliling tempat tidur yaitu dua kali 200 + 180 cm sedangkan tingginya bisa lebih panjang lagi karena disesuaikan dengan tinggi langit-langit kamar. Namun mencuci kelambu kelambu gantung secara rutin sangatlah penting karena pengaruh buruk debu yang menempel bisa menyebabkan banyak sekali gangguan pernapasan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,