9 Cara Melipat Ring Kelambu Gantung Dengan Mudah

Mencegah gigitan nyamuk menggunakan kelambu dipandang sebagai salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan dibandingkan dengan menggunakan obat nyamuk. Penggunaa kelambu untuk pencegah dari gigitan nyamuk memang sudah mulai ngetren. Alasannya karena lebih sehat dan tidak menimbulkan gangguan atau dampak buruk bagi yang menggunakannya.

Untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin menginginkan adanya variasi, maka kemudian dihadirkan berbagai macam jenis kelambu dari berbagai merk dengan berbagai macam harga. Selain itu, untuk kelambu gantung sendiri memiliki beberapa jenis atau mode. Beberapa model tersebut antara lain:

  • Kelambu gantung bulat yang cirinya memiliki satu titik dan nantinya akan digantung pada langit-langit. Kelambu ini memiliki rangka yang berbentuk bulat.
  • Kelambu gantung persegi yang rangkanya berbentuk persegi yang memiliki satu titik gantung dan posisinya berada di bagian tengah.
  • Kelambu gantung (tanpa rangka) yang biasanya memiliki empat buah titik pada bagian sudut dan sesuai dengan ukuran lebar maupun juga panjang tempat tidur.

Dari ketiga jenis kelambu gantung yang telah kami sebutkan, hanya yang berbahan baja elastis saja yang bisa dilipat. Lantas bagaimana cara melipat ringnya? Untuk mengetahui lebih lengkap, maka akan kami jelaskan di bawah ini.

  1. Anda harus melepaskan semua rangka kelambu secara perlahan-lahan. Lakukan cara ini dengan sangat hati-hati agar nanti anda tidak malah merusak kelambu itu sendiri.
  2. Anda siapkan tali yang memang kuat untuk mengikat rangka kelambu gantung tersebut.
  3. Disarankan untuk cukup menggunakan satu lipatan. Hal ini karena biasanya diameter pada kelambu gantung tidak terlalu lebar.
  4. Taruh rangka kawat pada area yang cukup luas. Lakukan secara hati-hati agar tidak sampai lepas dari pegangan yang nantinya malah akan jatuh menimpa anda maupun orang lain yang berada di sekitar anda.
  5. Pegang kawat pada bagian sisinya yang berbeda dan kemudian anda lipat kawat pada bagian tangan kanan, dan pada tangan kiri harus anda tahan.
  6. Kemudian anda harus menyatukan kawat bagian kanan dan juga kiri.
  7. Seharusnya sekarang sudah terbentuk sebuah lingkaran.
  8. Anda harus mengikat kawat tersebut dengan sangat kuat pada bagian dua tempatnya. Sekedar tambahan, jika anda khawatir dan merasa bahwa anda kesulitan untuk mengikatnya sendiri, maka anda bisa meminta bantuan keluarga atau orang lain yang berada di sekitar anda.
  9. Ranka kawat seharusnya sudah siap untuk disimpan. Ingat, jangan sembarangan menyimpan rangka kawat pada kelambu gantung. Simpanlah di tempat yang sekiranya aman dari jangkauan anak-anak agar tidak sampai dibuat mainan.

Sementara itu, untuk kelambu yang sudah terlepas dari rangkanya maka harus anda cuci. Berikut ini cara mencuci kelambu gantung secara singkat dan cepat.

  •  Setelah anda melepaskan kelambu gantung dari rangkainya, maka kemudian anda harus memisahkan kelambu gantung tersebut.
  • Kemudian anda siapkan sebuah ember besar yang di dalamnya berisi air dan juga deterjen. Disarakan untuk menggunakan deterjen yang berkualitas dan memang digunakan untuk mencuci kelambu. Namun, lebih baik jika anda menggunakan detergen cair.
  • Rendam kelambu gantung kira-kira 60 menit dan ulangi sampai beberapa kali sampai air rendaman tidak terlalu kotor.
  • Setelah itu anda harus membilasnya sampai bersih.
  • Anda sudah tinggal menjemurnya. Jangan dijemur langsung berada di bawah sinar matahari.

Demikian penjelasan tentang cara melipat ring kelambu gantung dan bagaimana cara mencuci kelambunya. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,