4 Cara Memasang Kelambu Ayunan Bayi Paling Mudah

Memiliki seorang bayi memang menuntut kita membeli banyak barang-barang baru yang sebelumnya tidak ada dirumah, mulai dari baby stroller yang biasa kita sebut kereta bayi, baby cradle, baby box atau bahkan baby swing. Alat-alat tersebut selain untuk membuat bayi nyaman, terhibur tetapi juga sangat membantu Ibu dalam mengasuh bayi.

Bagi anda yang baru memiliki baby swing atau yang biasa kita sebut ayunan bayi, artikel ini akan sangat membantu untuk cara memasang kelambu ayunan bayi, agar bayi lebih nyaman serta terlindungi. Setelah sebelumnya saya menulis tentang cara memasang kelambu kotak, selanjutnya silahkan dibaca tulisan saya mengenai cara memasang kelambu ayunan bayi ini.

Cara Memasang Kelambu Ayunan Bayi (Baby Swing)

  • Merangkainya

Kelambu untuk ayunan bayi memang berbagai macam jenisnya. Untuk memasang kelambu dengan merangkai, biasanya ini digunakan untuk jenis kelambu yang mirip dengan cara memasang kelambu tenda. Sehingga setelah berbentuk kelambu tegak, kelambu dapat dengan mudah di pindahkan dari ayunan ataupun memasangnya kembali.

Pertama-tama, keluarkan terlebih dahulu semua peralatan yang telah menjadi satu paket. Kemudian pasangkan tongkat-tongkatnya pada lubang kelambu untuk membentuk kerangka. Dan terakhir pasanglah pengait yang berbentuk seperti huruf S sebagai pegangannya. Jenis kelambu ini biasanya hanya untuk ayunan yang semi ranjang atau cradle baby, yang dalam penggunaannya bayi harus ditidurkan (biasanya digunakan untuk bayi yang belum bisa duduk). Sehingga, bentuk dan besarnya kelambu harus sama dengan bentuk ayunan, agar dapat melindungi bayi dengan sempurna.

  • Menggantungkannya

Untuk pemasangan kelambu ayunan yang dengan cara digantung, dapat digunakan pada baby swing yang semi baby cradle ataupun ayunan yang berbentuk kecil dengan hanya mendudukkan bayi, sekilas, alat ini juga mirip kereta bayi ukuran kecil. Untuk baby swing yang digunakan dengan mendudukkan bayi, anda harus memilih kelambu yang telah dijahit berbentek kerucut ataupun seperti sangkar. Caranya, gantungkan bagian atasnya pada penyangga dibagian atas tempat duduk bayi.

Sedangkan untuk ayunan yang bentuknya semi ranjang, gunakan kain kelambu yang berbentuk persegi panjang, lalu letakkan pada tongkat horizontal yang berada di atas bayi. Sekilas, cara penggunaannya kemudian akan sama seperti kelambu kaca (korden), dengan cara menariknya satu bagian yang berbeda untuk membuka dan menutup.

  • Mengikatnya

Cara memasang kelambu ayunan bayi dengan mengikat, dapat anda praktekkan ketika akan memasang kelambu (kecuali kelambu tenda) pada ayunan bentuk apapun, namun anda tidak yakin jika hanya menggantungkan atau mengaitkannya, karena takut mudah jatuh dan menutup si bayi. Maka gunakan opsi ini untuk membuat anda tenang. Pada ayunan semi ranjang atau cradle bayi, ikatkan kelambu dibatang horizontal, lalu lebarkan sampai menutupi bagian bayi. Begitu pula untuk ayunan bayi yang duduk, dan ayunan bayi yang tidak permanen. [AdSense-B]

  • Mengaitkannya

Jika anda menggunakan ayunan bayi yang biasanya cara penggunaannya dengan di gantung dan Ibunya mengayunkan sambil berdiri, maka kaitkan kelambu pada gantungan ayunan itu tadi. Sehingga anda tidak perlu membuat pengait. Karena untuk tipe ayunan satu ini, ia juga dikaitkan pada alat pengait yang telah disediakan. Gunakan kain kelambu dengan ukuran kecil saja. Karena biasanya ayunan ini bentuknya sangat kecil dibanding tipe ayunan yang lainnya, tidak bersifat permanen, dan tidak dapat digunakan untuk tidur bayi.

Pengguaan baby swing akan sangat membantu Ibu agar tidak terlalu kelelahan. Misalnya, cara klasik untuk menghibur dan menidurkan bayi adalah dengan menggendong dan mengayun-ngayunkan badan sang Ibu, agar bayi lekas tidur dalam ayunan tersebut. Namun semakin meningkatnya perkembangan teknologi, sehingga melahirkan yang namanya baby swing yang dilengkapi dengan automatic swing button.

Fungsi kelambu untuk ayunan bayi sama seperti sebagian besar kelambu lainnya. Yaitu terutama melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Pilihlah warna-warna cerah yang tidak terlalu tajam. Misalnya pink, kuning, hijau muda, putih, biru muda dan lain-lain. Setra pilih bahan untuk kelambu yang aman dan nyaman. Jika anda ingin membeli di toko online yang menjual kelambu bayi, maka gunakan kata kunci “kelambu bayi”, akan muncul banyak pilihan disana.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,