3 Cara Memasang Kelambu Kotak Sesuai Ukuran Ranjang

Kelambu merupakan salah satu benda yang dapat digunakan untuk melengkapi kamar tidur anda, tepatnya pada tempat tidur. Ornamen tempat tidur satu ini termasuk dalam kategori klasik, karena sebenarnya kelambu sudah sejak lama digunakan. Namun berkembangnya kreatifitas para desainer kelambu, memunculkan variasi baru dari kelambu, yang dalam penggunaannya tidak melulu menciptakan suasana klasik. Dengan desain tertentu, kelambu justru akan membuat ruang tidur anda semakin modern.

Saat anda memilih kelambu, pilihlah kelambu yang terbuat dari bahan yang aman. Bahan untuk kelambu, yang akan sering anda temui di pasaran misalnya seperti kelambu berbahan nylon, organdi atau bahkan kain sutera. Bentuk kelambu ada beberapa varian. Misalnya ada yang bundar maupun kotak. Persoalan bahan dan model, pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Jika anda memilih jenis kelambu kotak, memahami cara memasang kelambu kotak sesuai model ranjang anda adalah langkah tepat yang harus dilakukan sebelum memasangnya. Pada dasarnya selain sebagai pelindung, ornamen ini memang sangat bermanfaat pula untuk menghias kamar tidur. Namun kesalahan fatal yang dapat terjadi karena anda tidak memahami cara memasangnya, justru akan merusak suasana kamar tidur anda. Selain tidak terlihat indah, pemasangan kelambu yang salah ataupun tidak proporsional dapat menimbulkan efek yang buruk. Misalnya saja anda akan merasa terganggu saat tidur, dan lain-lain.

Cara Memasang Kelambu Kotak Sesuai Model Ranjang

Ada beberapa cara memasang kelambu kotak yang telah saya klafsifikasikan sesuai dengan jenias tempat tidur anda. Diantaranya ialah:

  • Tempat tidur sempit
  • Tempat tidur tanpa tiang
  • tempat tidur lebar

Cara memasang kelambu kotak ini sengaja saya klasifikasikan berdasarkan beberapa model tempat tidur. Karena seringkali orang sudah tahu cara memasang kelambu, namun perbedaan model tempat tidur menyebabkan mereka kebingungan atau bahkan dapat memasangnya tapi tidak proporsional, terlihat terlalu besar, dan lain-lain. Untuk itu, penjelasan ini sangat penting anda ketahui. Berikut lebih jelasnya:

  • Tempat Tidur Sempit

Bagi anda yang memiliki tempat tidur sempit, jangan khawatir atau takut tempat tidur anda semakin sempit karena pemasangan kelambu. Pertama-tama, perkirakan terlebih dahulu seberapa besar kelambu yang anda miliki dan seberapa kecil tempat tidur anda. Selain itu, perkirakan pula ukuran kelambu seperti apa yang proporsional untuk tempat tidur anda.

Selanjutnya, bagi anda yang memiliki tiang dibagian tempat tidur, ini akan sangat membantu dalam pemasangan. Anda cukup memasang pengait pada bagian atas tiang untuk meletakkan kelambu. Atau  bisa anda lakukan dengan cukup menggantungkan bagian kelambunya di atas tiang. Cara terakhir, bentuklah bagian atas kelambu menyerupai pita atau rumbai dengan mengikatkannya pada tiang. Cara ini cukup efektif karena dapat memaksimalkan penggunaan kain kelambu sehingga terlihat lebih minimalis sesuai ukuran tempat tidur anda. Namun jika anda merasa cara ketiga ini ribet dan anda menginginkan cara pertama atau kedua tadi, maka lakukanlah sesuai keinginan anda, dengan tetap menarik sebagian kain kelambu di bagian atas agar kelambu tidak terlalu jatuh banyak kebawah.

  • Tempat Tidur Tanpa Tiang

Pada dasarnya, 3 opsi pemasangan kelambu yakni dengan menggantungkan pada tiang, menggunakan pengait atau mengikatnya. Namun bagi pemilik tempat tidur tanpa tiang, cara memasang kelambu kotak yang paling sesuai ialah dengan menggunakan pengait. Tancapkan pengait di bagian platform rumah. Kemudian kaitkan setiap sisi kain kelambu pada pengait tersebut. Selain sebagai media untuk menggantung kelambu, pengaturan letak pengait juga akan membantu anda dalam menciptakan aksen-aksen kelambu dengan model tertentu. Hanya lurus saja menjulur, atau dapat dibuat sedikit berumbai. Sesuaikanlah dengan selera anda.

  • Tempat Tidur Lebar

Bagi pemilik tempat tidur yang lebar, kaitkanlah kelambu pada platform (jika tidak memiliki tiang), atau kaitkan kelambu pada bagian atas tiang. Untuk mempercantik kelambu, anda dapat gunakan tambahan bunga kain dan lain-lain. Penggunaan kelambu untuk dibentuk-bentuk menyarupai pita atau rumbai, dapat mengurangi jatuhnya kelambu kebawah, sehingga dapat memungkinkan kelambu tidak sempurna melindungi tempat tidur anda.

Dari cara memasang kelambu kotak sesuai model ranjang tersebut, memang sedikit berbeda dengan cara pasang kelambu bundar. Karena untuk kelambu kotak, anda perlu sangat memperhatikan bagian atasnya agar berbentuk kotak. Pemasangan pengait yang kurang lurus, akan mempengaruhi bentuk kelambu. Selain itu, berusahalah sehati-hati dan sekreatif mungkin. Agar aman dan menghasilkan kelambu yang cantik menawan sehingga memunculkan kesan romantis bagi kamar tidur pasangan kekasih. Selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,