3 Cara Memasang Kelambu Pintu Paling Singkat dan Mudah

Setiap rumah pasti memiliki pintu. Selain sebagai jalan untuk keluar masuk rumah, pintu juga berfungsi sebagai salah satu bagian rumah yang membatasi privasi rumah dengan dunia di luar. Penggunan kaca pada pintu rumah juga sering kali digunakan, untuk menambah masuknya cahaya dan mempermudah kita untuk melihat siapa yang datang.

Namun penggunaan kaca pada pintu rumah terkadang tidak begitu disukai oleh beberapa orang. Karena dianggap dapat mengganggu privasi penghuni rumah. Sebenarnya penggunaan kaca pada pintu rumah sangatlah bagus agar ruangan anda otomatis mendapat penerangan dari cahaya matahari. Terkait masalah yang timbul akibat penggunaan kaca tersebut, disini saya akan menyampaikan beberapa cara memasang kelambu pintu yang akan melindungi privasi anda dan menambah manis ruangan anda.

Cara Memasang Kelambu Pintu dengan Beberapa Model

1. Kelambu kupu-kupu

Bagi anda dengan rumah minimalis dan penggemar ornamen simplr, kelambu kupu-kupu adalah solusinya. Ada beberapa alat yang perlu disiapkan sebelum memasangnya. Yakni 2 tongkat yang panjangnya sama dengan lebar kaca anda, dan gelang pita dengan lebar sekitar 3-5cm atau sesuai keinginan namun tetap proporsional.

Pertama-tama, pastikan kain kelambu memiliki panjang dan lebar yang sama persis dengan panjang dan lebar kaca pintu anda. Pastikan pula bahwa sudah ada lubang atau saku di kedua sisi atas dan bawah kelambu. Kemudian pertama-tama masukkan pita yang telah berbentuk geng tadi pas dibagian tengahnya. Selanjutnya, ambil tongkat dan masukkan pada saku atau lubang di bagian atas dan bawah kelambu. Meski penggunaan tongkat dan saku ini mirip dengan cara memasang kelambu tenda, namun hasilnya akan berbeda. Setelah semua selesai, kelambu siap digunakan dengan menggantungnya di kayu tempat menempelnya kaca.

2. Kelambu Persegi Panjang Polos

Cara memasang kelambu pintu yang kedua yakni dengan model persegi panjang polos. Untuk menggunakan kelambu ini di pintu anda, hanya memerlukan potongan kain atau bahan untuk kelambu yang berwarna cerah dan tidak terlalu lembu atau tidak terlalu ringant dengan sisi kakan kirinya telah dijahit rapi. Kain tersebut harus memiliki lebar yang sedikit lebih besar dari lebar kaca, dan panjang yang boleh disamakan atau dilebihkan dari panjang kaca anda. Pertama-tama, jepitlah bagian atas kain menggunakan kayu yang rapi. Begitu pula bagian bawahnya. Kemudian gantung atau tempelkan pada kayu tempat menempelnya kaca di pintu rumah anda.

3. Kelambu General

Penggunaan kelambu general sebenarnya (karena namanya general), penggunaanya bukan hanya pada pintu, tapi juga di kaca-kaca rumah. Biasanya toko kelambu telah menyediakannya, lengkap dengan stick, biji serta pengaitnya. Pasanglah stick dengan menancapkan di kayu tempat melekatnya kaca pintu. Kemudian pasangkan biji yang mirip biji bekel satu persatu lewat lubang stick di bagian samping. Kaitkan kelambu yang sudah dilengkapi pengait, pada biji-biji tersebut. Pasang penutup lubang stick.

Selanjutnya cara penggunaannya, anda tinggal menutup seluruh bagian pintu dengan kelambu ini. namun di siang hari, tariklahbagian tengah kelambu ke satu bagian samping. Kemudian ikat atau kaitkan di bagian samping. Langkah ini akan menghasilkan aksen yang manis berumbai. Atau jika anda menggunakan kain tile dan kain transparan lainnya, biarkan kelambu jatuh kebawah tanpa mariknya kemanapun. Posisi seperti ini akan semakin manis. Ketika anda membuka pintu, kain kelambu yang ringan dan transparan akan mengikuti arah daun pintu bergerak.

Dari 3 cara memasang kelambu pintu tersebut, pilihlah sesuai pilihan anda. Anda dapat menempelkan kelambu pada daun pintu langsung. Hanya tinggal pilih mau yang berumbai namun agak ribet tapi cocok bagi pecinta glamour, namun jangan pilih opsi ini jika anda memiliki hewan yang berkeliaran bebas dirumah, atau anak yang masih sangat kecil. Karena posisi kelambu ini jatuh memenuhi kelambu memenuhi daun pintu kebawah, maka sangat mudah untuk di tarik dari bawah.

Anda bisa pilih kelambu segi empat polos bagi yang memiliki rumah tidak terlalu sempit dan penggemar ornamen simple. Dan bagi penggemar ornamen simple yang memiliki rumah sempit yang kita sebut minimalis, maka kelambu kupu-kupu sangat tepat untuk anda. Selamat mencoba cara memasang kelambu pintu.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,