7 Cara Membersihkan Gorden Kamar Mandi Paling Gampang

Tirai kamar mandi merupakan salah satu bagian perabotan rumah yang mungkin kerap kita abaikan. Terkadang untuk mencucinya, kita harus menunggu hingga tirai tersebut benar-benar kotor. Padahal bila semakin kotor maka semakin butuh ekstra tenaga untuk membersihkannya. Lantas untuk tugas yang satu ini kita limpahkan kepada laundry atau binatu. Menggunakan jasa laundry atau binatu memang lebih praktis dan mudah. Namun, Anda harus menunggu hingga beberapa hari dan terkadang hasil cuciannya kurang bersih. Belum lagi untuk biaya jasanya yang cenderung tidak murah.

Apabila dibandingkan dengan mencucinya sendiri, Anda akan mendapat lebih banyak keuntungan. Selain menghemat dana dan waktu, Anda juga bisa memperkirakan cara pencucian yang tepat agar tirai kamar mandi tersebut benar-benar bersih setelah dicuci. Nah, berikut ini cara membersihkan tirai kamar mandi yang praktis dan mudah untuk hasil cucian paling bersih.

Cucilah Menggunakan Tangan

Mencuci tirai dengan menggunakan mesin cuci memang lebih praktis dan menghemat tenaga. Namun, hasilnya kurang optimal karena mesin cuci tidak bisa menjangkau ke seluruh sudut kain. Jadi, lebih baik mencuci tirai kamar mandi secara manual menggunakan tangan. Melelahkan memang karena ukuran tirai yang besar dan cenderung berat ketika tersentuh air. Akan tetapi, Anda akan terkejut nantinya saat membandingkan hasil pencucian tirai dengan mesin cuci dan tangan. Mencuci tirai dengan tangan akan jauh lebih bersih.

Perhatikan langkah-langkah membersihkan tirai kamar mandi di bawah ini.

1. Lepaskanlah tirai kamar mandi dari tempatnya. Pisahkan antara yang mudah luntur dan tidak luntur.

2. Siapkan air dalam beberapa ember berukuran besar. Agar lebih mudah ketika mengucek, gunakanlah ember bak yang rendah namun lebar. Lalu masukkan 10 tetes tea tree oil dan satu sendok makan baking soda kedalam ember air.

Tea tree oil atau TTO merupakan minyak esensial atau minyak atsiri yang dihasilkan dari ekstraksi tumbuhan asli Australia yang bernama Melaleuca alternifolia. Minyak ini sudah dikenal luas oleh warga Australia. Sedangkan baking soda merupakan bahan pembuatan kue yang digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Kedua bahan ini biasanya mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Tea tree oil berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang hinggap di tirai kamar mandi. Sementara baking soda berfungsi untuk membersihkan noda yang menempel. Keduanya bisa bekerja lebih baik dibandingkan dengan penggunaan detergen biasa.

3. Rendamlah tirai kamar mandi kedalam larutan tersebut selama 15 hingga 30 menit. Perendaman yang terlalu lama justru dapat merusak serat kain.

4. Selanjutnya kucek tirai secara perlahan, terutama pada bagian yang bernoda membandel.

5. Siapkan air dingin yang bersih ke dalam ember, kemudian bilas tirai yang telah dicuci kedalamnya selama satu kali.

6. Setelah dibilas, tirai diperas perlahan untuk menghilangkan kandungan airnya.

7. Kemudian keringkan tirai dengan cara menggantungnya, sama persis dengan menjemur baju pada umumnya.

Pada umumnya tirai kamar mandi terbuat dari kain berlapis plastik yang mudah kering. Jadi, tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengeringkan tirai kamar mandi. Pengeringan bisa di tempat yang teduh atau bersinggungan langsung dengan matahari.

Berikut itulah langkah atau cara membersihkan tirai kamar mandi. Cucilah tirai kamar mandi secara rutin, paling tidak seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran dan jamur atau bakteri yang menempel. Tirai yang dibiarkan kotor dalam waktu yang lama dapat menimbulkan penyakit.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,