3 Cara Membersihkan Kelambu Bayi Paling Mudah

Bayi dengan tubuhnya yang masih rentan tentu memerlukan perlindungan yang lebih dibandingkan orang dewasa agar bertahan dari segala gempuran berbagai macam penyakit yang berada disekitarnya. Begitupun terhadap nyamuk. Walau diklaim banyak obat nyamuk yang tidak berbahaya, namun pada faktanya masih juga mengandung bahan kimia yang tentu saja sangat mengkhawatirkan para orang tua.

Baca juga:

Agar para orang tua tidak was-was ada baiknya menggunakan cara-cara alami dalam melindungi bayinya dari serangan nyamuk. Ada berbagai macam cara yang bisa diambil, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan kelambu adalah hal yang paling lumrah dilakukan sejak jaman dahulu kala. Seiring dengan waktu, jenis kelambu saat ini semakin bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan sehingga membuat nyaman pemakainya.
  2. Menggunakan raket listrik adalah pilihan kedua. Walau agak repot, namun berburu nyamuk dengan menggunakan raket listrik tidak akan berbahaya bagi manusia. Hanya saja anda harus siap-siap repot mengejar-ngejar nyamuk yang tentu sebisa mungkin akan terbang sejauh dari manusia yang sedang memburunya.
  3. Menggunakan tanaman alami seperti bunga lavender dan serai. Untuk bunga lavender anda cukup meletakkan bunga tersebut dibawah jendela-jendela di rumah anda. Sedangkan jika anda lebih tertarik ingin menggunakan sereh, caranya gampang sekali. Potong-potong batang putih serai hingga baunya keluar, letakkan kedalam wadah dan simpanlah disetiap sudut rumah atau area rumah yang berpotensi adanya nyamuk.

Dari ketiga cara diatas, yang paling mudah dan pasti aman adalah dengan menggunakan kelambu. Selama kelambu tidak bolong maka bayi anda akan terhindar dari gigitan nyamuk. Nah bagi anda yang sudah punya kelambu bayi, agar kelambu selalu bersih dan efektif dalam menangkal nyamuk, maka anda harus rajin membersihkannya secara rutin. Jangan sampai bayi anda terhindar dari penyakit akibat gigitan nyamuk, tapi terkena penyakit lainnya akibat kelambu yang kotor.

Ada beberapa cara membersihkan kelambu bayi, diantaranya sebagai berikut:

Menggunakan vacum cleaner

Bagi anda yang mempunyai vacum cleaner, ada cara mudah membersihkan kelambu bayi yaitu dengan dengan cara menghisap kotoran dan debu yang menempel di kelambu bayi dengan menggunakan vacum cleaner. Namun gunakan vacum cleaner yang daya hisapnya sedang saja, karena jika terlalu kuat akan merusak kelambu bayi anda. Pilihlah ujung vacum yang ada sikat halusnya, atau jika jenis vacum cleaner anda tidak menyediakannya anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menyikat permukaan kelambu agar debu dan kotoran keluar, sehingga terhisap oleh vacum cleaner.

Baca juga: Cara Membuat Kelambu Jendela

Menggunakan kompresor mini

Jika anda mempunyai kompresor mini yang daya tiupnya sedang, maka anda bisa menggunakannya untuk meniup kotoran dan debu yang menempel di kelambu bayi anda. Karena ini meniup kotoran maka anda harus melakukannya diluar ruangan agar anda tidak terpapar oleh debu yang berterbangan. Untuk kotoran dan debu yang membandel, seperti halnya vacum cleaner, anda bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Baca juga: Cara Membuat Kelambu Lipat

Mencuci dengan menggunakan air dan deterjen

Jangan khawatir jika anda tidak mempunyai kedua alat diatas, masih ada cara ketiga untuk membersihkan kelambu bayi anda yaitu dengan cara mencucinya. Untuk lebih detil silakan ikuti Cara mencuci kelambu bayi yang telah dibahas sebelumnya.

Demikian 3 cara membersihkan kelambu bayi agar senantiasa bersih sehingga nyaman digunakan oleh bayi anda. Kunci utamanya adalah bersihkan secara rutin.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,