Inilah 8 Cara Membersihkan Kelambu Bayi Paling Mudah

Memahami tentang cara membersihkan kelambu bayi sebenarnya tidak terlalu sulit karena memang kelambu bayi memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan jenis kelambu kasur lainnya yang sering anda temukan di toko-toko yang ada di kota anda.

Dan karena ukuran yang kecil itulah membuat kelambu bayi tidak perlu membutuhkan tenaga yang ekstra dan tidak perlu ribet ketika anda harus membersihkannya.

Namun sebelum kami menjelaskan kepada anda tentang bagaimana cara yang harus anda lakukan untuk membersihkan kelambu bayi, di bawah ini kami ingin menjelaskan kepada anda mengenai apa saja jenis kelambu bayi yang penting untuk anda ketahui:

Jenis-Jenis Kelambu Bayi

Jika kita membahas mengenai jenis kelambu bayi, maka pada dasarnya terdapat tiga jenis kelambu yang memang diperuntukkan untuk bayi yang mudah anda temukan, dibandingkan dengan ketika anda harus menemukan kelambu untuk orang dewasa yang berfungsi sebagai anti nyamuk.

Selain itu, kelambu bayi memiliki banyak warna dan juga motif sehingga anda memiliki banyak referensi untuk memilih jenis kelambu bayi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dan ketiga jenis kelambu bayi tersebut antara lain seperti berikut:

1. Kelambu portable

Jenis kelambu portable yang satu ini merupakan kelambu bayi yang mudah dilipat dan bisa dibawa kemana-mana karena memang biasanya hanya perlu diletakkan di atas kasur. Ukurannya pun terbilang kecil, yakni seperti seperti ukuran bayi yang baru lahir.

2. Kelambu bayi box

Unutk jenis kelambu bayi yang satu ini bisa dikatakan memiliki model yang lebih beragam dibandingkan jenis kelambu portable karena memang pembuatannya disesuaikan dengan bentuk dan juga motif pada box bayi tersebut.

3. Kelambu gantung

Adapun mengenai kelambu gantung, ia didesain bagi anda yang biasanya menggunakan ayunan. Memang kelambu  gantung jarang banyak yang belum tahu padahal juga tidak kalah bermanfaat dibandingkan jenis kelambu untuk bayi yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

berikut ini cara membersihkan kelambu bayi :

  • Perlu anda tahu bahwa untuk jenis kelambu box, kelambu ayunan, dan juga kelambu gantung tidak dilengkapi dengan besi sehingga sangat mudah untuk dibersihkan. Dan kalaupun terdapat besi, maka anda hanya perlu melepas besi-besi tersebut.
  • Adapun mengenai cara mencui kelambu javan canopy yang diperuntukkan untuk bayi juga tidak jauh berbeda dengan kelambu yang digunakan untuk orang dewasa dimana nanti anda harus melipatnya terlebih dahulu dan kemudian anda harus mengikatnya karena memang badannya tidak bisa dilepas.
  • Cara yang harus anda lakukan adalah dengan merendam kelambu bayi tersebut dengan menggunakan detergen yang memiliki formula lembut seperti misalnya detergen cair. Kami tidak menyarankan anda menggunakan detergen bubuk karena dikhawatirkan nanti ada sisa-sisa detergen yang menempel di kelambu bayi tersebut. Dan jangan lupa agar supaya gunakan air hangat ketika merendamnya.
  • Setelah anda merendam dan biarkan kurang lebih 20 sampai 30 menit, maka selanjutnya anda harus mulai menguceknya secara perlahan-lahan dan pastikan seluruh bagian kelambu bayi tersebut sudah anda kucek. Hati-hati karena memang bahan kelambu, termasuk juga jenis kelambu modern memiliki tekstur yang begitu lembut sehingga jangan sampai anda merusak bahannya. [AdSense-B]
  • Bagi anda yang menggunakan mesin cuci, pastikan bahwasanya anda sudah mengatur pada mode soft atau biasanya juga handwash agar supaya kelambu bayi tersebut tidak sampai terlepas atau bahkan rusak karena tidak jarang ketika menggunakan mesin cuci dan tanpa diatur terlebih dahulu bisa menyebabkan kelambu bayi rusak.
  • Dan jika memang tidak begitu perlu, kami sarankan agar anda jangan sampai menggunakan mesin pengering karena pada dasarnya anda hanya perlu mengibas-ngibas kelambu bayi dan nanti akan kering dengan sendirinya.
  • Setelah itu, anda harus menggantungnya di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari karena dikhawatirkan dapat merusak kain atau bahan dari kelambu bayi. Pastikan bahwa anda menjemurnya sampai benar-benar kering.
  • Dan yang terakhir, anda ambil dari jemuran dan kelambu bayi sudah bisa anda gunakan atau anda simpan terlebih dahulu jika memang anda memiliki banyak kelambu bayi.

Demikian penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara membersihkan kelambu bayi berbagai jenis. Yang harus anda tahu bahwa anda harus membiasakan diri mencuci kelambu bayi secara rutin karena pada dasarnya bayi masih memiliki sistem pernapasan dan sistem kekebalan tubuh yang masih belum sempurna.

Maka dari itu, fungsi kelambu bukan hanya sebagai pelindung agar bayi anda tidak terkena gigitan nyamuk maupun tidak kedinginan, tapi ia juga berguna agar supaya bayi anda tidak sampai menghirup udara atau memakan sesuau yang kotor yang kemungkinan bisa dibawa melalui orang dewasa. Oleh sebab itu, penting bagi anda selalu menjaga kebersihan kelambu bayi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,