Begini 4 Cara Membersihkan Kelambu Musik Bayi Paling Aman

Kita tahu bahwa kelambu merupakan sebuah alat yang memiliki manfaat untuk bayi anda. Dengan menggunakan kelambu ini, maka bayi anda terlindungi dari gigitan nyamuk dan gangguan serangga lain yang bisa masuk kapan pun untuk menyerang buah hati anda.

Fungsi kelambu ini dinilai lebih bermanfaat dibandingkan anda harus menyemprotkan pembasmi nyamuk yang dikhawatirkan nanti bercampur dengan udara yang ada di kamar bayi anda. Ada banyak merk dan jenis kelambu yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah kelambu musik.

Membersihkan kelambu musik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membersihkan kelambu pada umumnya. Yang terpenting anda sudah paham tentang apa saja peralatan yang harus anda siapkan dan bagaimana cara mencucinya dengan benar.

Lalu bagaimana caranya? Di bawah ini akan kami jelaskan informasinya kepada anda.

1. Lepaskan kelambu musik

Sebelum anda mulai membersihkan kelambu musik, maka anda harus melepaskan kelambu tersebut dari tiang atau besi penyangganya. Kita tahu bahwa besi penyangga berfungsi untuk membuat kelambu bisa berdiri kokoh. Ketika anda ingin membersihkannya, maka anda harus melepaskan besi tersebut.

Anda harus melakukannya dengan hati-hati karena biasanya untuk kelambu yang baru pertama kali dibersihkan atau dicuci cenderung lebih sulit ketika melepaskannya dari besi penyangga. Jangan sampai anda memaksakan dan malah berujung kelambu anda robek yang nanti tidak bisa digunakan secara maksimal.

Jika anda tidak bisa melepaskannya sendiri, mintalah orang lain yang menurut anda sudah berpengalaman karena sudah sering membersihkan kelambu bayi.

2. Menyiapkan peralatan

Peralatan merupakan hal yang tidak kalah penting yang harus anda siapkan sebelum anda mulai membersihkan kelambu musik. Beberapa peralatan yang harus anda siapkan yaitu ember, sabun, air secukupnya, dan tentu anda harus menyiapkan kelambu anda.

Kami menyarankan agar anda lebih menggunakan sabun cair dibandingkan harus menggunakan sabun bubuk atau detergen. Tujuannya adalah ketika menggunakan sabun cair, maka tidak ada bekas sabun yang menempel di kelambu anda. Berbeda halnya ketika anda menggunakan sabun bubuk dimana biasanya anda akan menemukan bekas sabun yang menempel.

Selian itu, biasanya sabun cair memiliki bau yang lebih harum dibandingkan sabun bubuk. Kelebihan ini akan membuat bayi anda semakin nyaman karena kelambu yang biasanya melindunginya tersebut mengeluarkan bau yang harum dan mungkin saja akan membuat tidurnya semakin nyenyak.

3. Rendam kelambu musik

Tahap ketiga adalah proses perendaman kelambu musik anda. Untuk tahap ini tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan kelambu lipat. Anda hanya perlu merendamnya di dalam air yang sudah anda campurkan detergen cair. Campurkan secukupnya dan kemudian anda aduk sampai berbusa.

Setelah itu, anda masukkan kelambu anda sampai seluruh bagian sudah basah. Tunggu kurang lebih 15 menit. Anda sambil menguceknya jika memang terdapat noda yang menempel.

4. Proses penjemuran

Cara membersihkan kelambu musik yang terakhir adalah anda tinggal mengangkatnya dan membilasnya sampai bersih. Pastikan tidak ada noda dan bekas sabun yang masih tersisa. Kemudian, anda harus menjemurnyan di tempat yang tidak perlu harus terkena sinar matahari secara langsung.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,