6 Cara Membersihkan Tirai Jendela Paling Benar

Rumah adalah istana bagi orang yang menempatinya. Sebagai penghuni yang baik, merawat rumah harus dilakukan secara rutin. Pembersihan rumah sudah seharusnya meliputi semua bagian. Termasuk tirai jendela. Tirai ini berfungsi sebagai penutup ketika malam tiba sekaligus penghalang masuknya debu atau kotoran lain ke dalam rumah. Jadi, tidak mengherankan jika tirai jendela pun akan kotor jika dibiarkan dalam waktu lama tanpa adanya perawatan.

Sebagian dari Anda mungkin lebih memilih untuk mencuci tirai jendela ke binatu. Padahal harga jasanya cukup mahal dan waktu pengerjaannya pun rata-rata 3 – 7 hari. Perlu Anda ketahui bahwa membersihkan tirai jendela sendiri akan jauh menguntungkan ketimbang membawanya ke binatu. Anda juga menjadi lebih hemat pengeluaran bulanan. Nah, berikut ini cara membersihkan tirai jendela yang benar.

1. Lepaskan Tirai dari Tempatnya

Lepaskanlah tirai-tirai jendela yang ingin dibersihkan. Tirai ini terdiri atas berbagai macam model, bahan dan warna. Bentuknya kebanyakan sama yakni persegi panjang. Kemudian bawalah ke luar rumah atau udara terbuka.

2. Kibaskan Tirai Beberapa Kali

Selanjutnya kibaskanlah tirai beberapa kali untuk menghilangkan debu yang menempel. Kibaskan ke arah yang jauh dari manusia, seperti halaman belakang rumah atau depan rumah saat tak ada orang yang lewat. Hal ini untuk menghindari ada orang yang terkena debu atau kotoran lainnya dari tirai.

Debu yang menempel tersebut akan sulit dibersihkan ketika memasuki proses pencucian. Jadi, lebih baik dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dikibaskan. Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti sulat, lap dan sebagainya.

3. Rendam Tirai kedalam Ember Detergent

Siapkan beberapa ember berukuran besar. Masukkan air dan detergent secukupnya. Lalu rendamlah tirai jendela ke dalam ember tersebut selama sekitar 30 menit. Gunakan air yang bersih dan detergent yang mampu menghilangkan noda membandel.

Setelah itu, angkat tirai dan pindahkan ke ember yang lainnya.

4. Bilas Tirai Tanpa Dikucek

Buanglah air rendaman yang telah digunakan lalu ganti dengan air bersih. Kemudian jika sudah siap, bilaslah tirai jendela ke dalam air bersih tersebut tanpa dikucek. Pengucekan dapat merusak pola tirai dan membuatnya kusut.

Bilas hingga beberapa kali lalu angkat tirei tanpa diperas. Anda bisa menggunakan handuk bersih untuk menyerap air yang terkandung di dalamnya.

5. Keringkan di Tempat Teduh

Selanjutnya keringkan tirai dengan cara menggantungnya menggunakan penjepit baju agar tirai tidak terlipat. Anda juga bisa menggantungkan tirai jendela di tempatnya. Namun, hal ini berisiko akan membasahi lantai di bawahnya. Jadi, lebih baik keringkan di luar rumah. Pilihlah tempat yang tidak bersinggungan langsung dengan matahari agar warna tirai tidak memudar. [AdSense-B]

6. Setrika Setelah Kering

Bila tirai sudah benar-benar kering, kemudian untuk menjaga kerapian permukaannya setrikalah secara perlahan. Anda bisa menambahkan pelicin atau pewangi pakaian agar tirai menjadi harum dan lebih licin. Kemudian pasang kembali tirai di tempatnya. Perhatikan cara memasang kelambu jendela atau tirai jendela dengan benar.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis kain tirai dapat disetrika. Ada yang sangat rentan dengan panas sehingga jika disetrika justru akan terbakar.

Itulah beberapa cara membersihkan tirai jendela yang benar. Sebelum Anda mencoba untuk membersihkannya sendiri, sebaiknya bertanya kepada penjual tirai atau lihatlah di buku petunjuk perawatannya, karena ada beberapa jenis tirai jendela yang memiliki perawatan yang berbeda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,