8 Cara Membersihkan Tirai Kamar Mandi dari Plastik

Cara membersihkan tirai kamar mandi tidaklah sulit jika dilakukan secara teratur, namun masalahnya adalah ketika tirai jarang dibersihkan sehingga muncul bercak-bercak hitam yang jika dibiarkan terlalu lama akan semakin sulit untuk dihilangkan. Tirai kamar mandi pada umumnya digunakan pada jenis kamar mandi yang menggunakan bathtub dan shower untuk menghindari cipratan air dari shower keluar dari bathtub dan membasahi lantai kamar mandi. Bagi jenis kamar mandi yang memiliki pembatas permanen antara bathtub dan bagian kamar mandi lainnya tidak membutuhkan tirai tapi jika tidak ada maka tirai sangat dibutuhkan.

Artikel terkait:

Cara Membersihkan Tirai Kamar Mandi

Jika bicara soal bahan untuk tirai kamar mandai terdapat beberapa jenis namun kebanyakan tirai kamar mandi terbuat dari bahan plastik. Cara membersihkan tirai yang terbuat dari plastik adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama tentunya adalah melepaskan tirai kamar mandi dari gantungannya. Lakukan secara hati-hati jika tidak ingin tirai kamar mandi Anda robek.
  2. Kemudian siapkan detergen atau cairan khusus pembersih plastik. Boleh gunakan air hangat tapi jangan air panas karena bahan plastik tidak cocok dengan air bersuhu tinggi.
  3. Rendam selama kurang lebih 30 menit untuk memastikan kotoran-kotoran lepas sehingga proses mencuci bisa lebih mudah.
  4. Gunakan sikat berbulu cukup lembut untuk menyikat permukaan tirai plastik kamar mandi.
  5. Jika ada bagian yang nodanya susah dihilangkan bisa manfaatkan cairan penghilang anti noda yang biasanya umum dijual atau bisa juga menggunakan cairan alami seperti menggunakan cuka masak ataupun cairan dari perasan air jeruk nipis.
  6. Setelah itu cuci tirai sampai benar-benar bersih.
  7. Satu hal yang harus Anda ingat mencuci tirai plastik harus dilakukan secara manual tidak boleh menggunakan mesin cuci.
  8. Langkah selanjutnya adalah gunakan lap kering untuk membersihkan sisa-sisa air dan tirai boleh dijemur sebentar tapi jangan dibawah sinar matahari langsung karena bahan plastiknya bisa mengerut dan kering sehingga menjadi rapuh dan gampang robek.

Artikel terkait:

Selain mencuci tirai kamar mandi secara teratur, tirai kamar mandi juga perlu dirawat secara teratur. Dengan kata lain jangan tunggu sampai tirai kamar mandi kotor baru dibersihkan tapi sebaiknya setiap habis mandi siapkan lap kering atau gunakan handuk mandi Anda untuk membersihkan titik-titik air yang menempel pada tirai kamar mandi. Dengan begitu tidak ada alasan bagi jamur ataupun bakteri untuk menempel di tirai kamar mandi yang bersih dan kering. Perlu Anda ingat juga bahwa tirai kamar mandi tak hanya dicuci secara teratur tapi juga harus diganti secara berkala walaupun memang jika Anda merawat dan mencucinya secara teratur Anda bisa mengganti tirai kamar mandi dengan yang baru dalam waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan tirai kamar mandi yang tidak pernah dirawat sama sekali.

Artikel Terkait:

Yang paling sulit ketika membersihkan tirai kamar mandi adalah ketika tirai sudah dihinggapi jamur sehingga meninggalkan bercak-bercak permanen biasanya berwarna hitam dan lebih parahnya lagi biasanya juga berbau apek atau berbau lembab. Jika demikian dibutuhkan obat anti jamur yang paling kuat namun jika hal tersebut juga tidak berhasil maka sebaiknya ganti tirai kamar mandi dengan yang baru. Jamur yang sudah menempel tak hanya membuat tirai kamar mandi terlihat kusam dan kamar mandi menjadi berbau tidak sedap tapi juga bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,