5 Cara Membuat Kelambu Ayunan Bayi – Kelambu Gantung

Cara membuat kelambu ayunan bayi tidaklah sulit tapi sayangnya kebanyakan orang tidak tahu akan hal ini dan memang membeli kelambu ayunan yang banyak dijual di pasaran memang lebih praktis. Namun tahukan Anda bahwa sebagai orang tua tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik bagi si buah hati, kelambu buatan sendiri tak hanya memastikan bahan untuk kelambu aman dan nyaman untuk bayi tapi juga Anda dapat memberikan sentuhan pribadi yang tentunya tak hanya unik tapi juga lebih berarti.

Artikel terkait:

Cara Membuat Kelambu Ayunan Bayi

Pada umumnya terdapat dua jenis kelambu bayi dan Anda bisa membuatnya sesuai dengan jenis ayunan bayi yang Anda miliki di rumah.

Ayunan Bayi Gantung

Jenis ayunan bayi gantung merupakan salah satu kelambu tidur bayi yang paling banyak ditemui. Saat ini bahkan ada jenis ayunan bayi gantung elektronik sehingga Anda tidak perlu mengayun bayi Anda secara manual tapi bisa dilakukan secara otomatis menggunakan listrik. Untuk membuat kelambu untuk ayunan bayi gantung sangatlah mudah yaitu hampir sama saja modelnya dengan kelambu gantung ataupun kelambu bulat untuk jenis kelambu dewasa hanya dalam ukuran yang lebih kecil.

  • Potong bahan kelambu dengan lebar sekitar 2 meter (disesukan dengan kebutuhan masing-masing) sedangkan tingginya bisa disesuaikan dengan tinggi ayunan bayi dihitung dari besi per ayunan bayi dengan lantai. Dengan membuat kelambu sendiri Anda bisa benar-benar menyesuaikan ukuran kelambu dengan kebutuhan Anda sehingga Anda tidak perlu takut kepanjangan ataupun kependekan.
  • Setelah itu jahit rapi bagian atas dan bagian bawah kelambu.
  • Kemudian bagian atas kelambu dilipat sebanyak kurang lebih 10 cm lalu jahit dengan rapi untuk nantinya tempat Anda memasukkan tali untuk menyerut kelambu.
  • Setelah itu temukan bagian kiri dan kanan kelambu lalu jahit dengan rapi tapi hindari menjahit bagian atas tepat Anda memasukkan tali.
  • Masukkan tali ke dalam lubang dengan panjang sedikit lebih panjang dari lebar kelambu.

Selanjutnya cara memasang kelambu ayunan bayi gantung cukup dengan memasukkan kelambu dari bagian bawah kelambu lalu ketika mencapai pangkal gantungan atau per besi ayunan tarik tali dan kelambu otomatis mengerut dan bayi Andapun tidur dengan nyenyak. Cara memasang kelambu anti nyamuk untuk bayi ini sangatlah mudah dan semua orang bisa melakukannya.

Keuntungan Membuat Kelambu Bayi Sendiri

Walaupun memang saat ini banyak sekali jenis kelambu yang dijual di pasaran namun tentu saja ada kepuasan sendiri jika Anda bisa membuat kelambu sendiri untuk bayi mungil Anda lagipula seperti yang sudah disebutkan caranya di atas, cara membuatnya tidaklah sulit. Selain itu dengan membuat kelambu sendiri Anda bisa menyesuaikan sendiri ukuran, jenis bahan sampai aneka pernak-pernik yang ingin Anda tambahan pada kelambu bayi Anda. Pemilihan bahan untuk kelambu juga sangat penting karena jika Anda membelinya di pasar maka pilihannya sangat terbatas dan kebanyakan kelambu bayi terbuat dari bahan dengan campuran plastik sehingga lebih panas dan sangat mudah ditempeli debu.

Artikel terkait:

Sementara jika Anda membuat kelambu sendiri Anda bisa menggunakan bahan kelambu yang terbuat dari renda lembut yang tentunya tidak panas dan nyaman untuk bayi Anda mengingat sirkulasi udara tetap penting ketika menggunakan kelambu. Jika bahan kelambu sudah panas apalagi tebal dan terbuat dari plastic maka ditakutkan bayi akan kepanasan. Pastikan sebelum memilih bahan kelambu selalu utamakan kebutuhan dan kenyaman buah hati Anda dan dengan membuat kelambu sendiri Anda memiliki kebebasan mutlak untuk memilih bahan untuk kelambu yang terbaik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,