3 Cara Membuat Kelambu dari Bahan Bekas Agar Lebih Cantik

Cara membuat kelambu dari bahan bekas sebenarnya ada banyak dan dengan kemajuan teknologi saat ini sangat mudah menemukan tutorial untuk membuat kelambu sendiri dengan metode DIY dan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Artikel terkait:

Keuntungan Membuat Kelambu Sendiri

Saat ini memang banyak sekali model dan jenis kelambu modern dan beberapa diantaranya termasuk dalam jenis kelambu protabel yang bisa dibongkar pasang dan dibawa kemana saja dengan mudah. Untuk harganya pun relatif terjangkau yang tentunya berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Hanya saja ada beberapa keuntungan jika Anda membuat kelambu sendiri.

  • Memiliki nilai seni terutama jika Anda menambahkan sentuhan tambahan yang bersifat pribadi yang tentunya tidak akan ditemukan pada kelambu yang dijual di pasaran.
  • Dengan memanfaatkan bahan bekas maka Anda akan memberikan nilai tambah pada bahan yang tadinya sudah tak lagi terpakai.
  • Walaupun biasanya kelambu buatan sendiri agak sulit untuk menentukan harganya secara materi namun disisi lain Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini karena memang kelambu pengusir nyamuk yang efektif sehingga fungsinya sangatlah krusial dan penting.
  • Untuk tampilan kelambu tentunya jenis kelambu yang Anda kreasikan sendiri tentunya tak hanya unik tapi juga membuat tampilan kelambu Anda beda dari yang lain dan tentunya menjadi satu-satunya.

Artikel terkait:

Cara Membuat Kelambu dari Bahan Bekas Agar Lebih Menarik

Namun tentunya tak semua bahan bekas bisa dijadikan hiasan kelambu namun berikut adalah beberapa jenis barang bekas yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kelambu menjadi terlihat lebih menarik.

  • Manik-manik bekas kalung atau gelang yang putus.
  • Kerang-kerangan bekas tirai yang tak lagi terpakai.
  • Potongan-potongan kain atau kain yang tidak lagi digunakan.

Sebenarnya masih banyak lagi aneka bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kelambu menjadi terlihat lebih menarik dengan sentuhan artistik yang cantik, namun memang ketiga bahan di atas merupakan jenis bahan yang sering sekali ditemukan di rumah yang biasanya walaupun tidak lagi digunakan tapi juga tidak langsung dibuang. Adapun cara membuat kelambu dari bahan bekas agar lebih menarik berberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa memanfaatkan manik-manik yang tak lagi digunakan untuk membuat aneka jenis pernak-pernik kecil-kecil. Yang Anda butuhkan hanyalah seutas benang untuk merangkai manik-manik tersebut. Untuk pernak-perniknya bisa membentuk kumbang-kumbang kecil ataupun bunga-bunga kecil yang bisa Anda jahitkan ke kelambu sehingga terlihat lebih menarik.
  2. Sementara kerang-kerangan hanya perlu Anda tempelkan saja dengan menggunakan benang ataupun lem ke jaring kelambu namun perlu dipastikan bahwa kerang tersebut cukup kecil dan ringan sehingga tidak membuat kelambu menjadi berat dan justru akhirnya mengganggu.
  3. Sedangkan potongan-potongan kain bekas bisa Anda manfaatkan menjadi pita-pita kecil atau bisa juga dibentuk menjadi kupu-kupu kecil yang nantinya bisa Anda jahitkan ke jaring kelambu agar terlihat lebih cantik. Sebaiknya gunakan warna kain yang berbeda-beda agar terlihat berwarna warni.

Artikel terkait:

Ternyata ada banyak bahan untuk kelambu dari bahan-bahan yang tak. Anak-anakpun ternyata menyukai kelambu buatan sendiri karena memberikan kesan seperti sedang berkemah walaupun di dalam rumah. Memberikan perlindungan ekstra kepada keluarga Anda adalah salah satu wajib orang tua dan salah satunya adalah memastikan keluarga Anda terlindungi dari gigitan nyamuk berbahaya yang akibatnya bisa saja fatal. Lagipula lebih baik mencegah dari pada mengatasi, jadi selain memastikan anak-anak tidur dengan kelambu pastikan juga bahwa lingkungan sekitar Anda bersih dari genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,