3 Cara Membuat Kelambu Jendela – Klasik, Kupu-kupu, Magnetik

Cara membuat kelambu jendela sebenarnya tidak sulit karena semuanya tergantung pada bahan, model dan jenis kelambu jendela yang diinginkan. Ada beberapa jenis kelambu jendela yang saat ini sedang populer mulai dari kelambu jendela model klasik dengan pola lipit-lipit, kelambu jendela model kupu-kupu sampai dengan kelambu jendela magnetik. Sebenarnya, apapun jenis dan model kelambu jendelanya tujuannya adalah sama yaitu:

  • Kelambu pengusir nyamuk yang efektif sehingga tidak jarang orang memilih untuk menggunakan kelambu baik kelambu pintu dan jendela untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan.
  • Kelambu atau tirai jendela juga efektif untuk melindungi ruangan dari debu yang berterbangan di luar.
  • Salah satu fungsi jendela adalah untuk sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari namun ada kalanya dimana orang memilih untuk berlindung dari sinar matahari dan disanalah fungsi utama kelambu jendela.

Ketiga fungsi di atas merupakan fungsi utama dari kelambu atau tirai jendela sebenarnya selain itu pemilihan jenis, model dan motif juga penting karena dengan begitu fungsi kelambu jendela juga bisa membantu mempercantik tampilan sebuah ruangan bahkan membuat tampilan rumah juga terlihat lebih menarik ketika dilihat dari luar.

Artikel Terkait:

Cara Membuat Kelambu Jendela

Ada beberapa jenis kelambu jendela dan berikut adalah tiga model kelambu jendela yang akhir-akhir ini menjadi favorit hampir semua orang dan berikut adalah cara membuat kelambu jendela sendiri.

  1. Kelambu Klasik Lipit-lipit
  • Langkah pertama cara membuat kelambu sederhana adalah dengan cara mengukur tinggi dan lebar jendela dan tentukan tinggi kelambu yang diinginkan.
  • Gunting bahan untuk kelambu dengan panjang yang sudah ditentukan kemudian untuk ukuran lebarnya gunakan ukuran lebar jendela dikalikan 1,5 atau pun 2.
  • Jahit keempat pinggir bahan tirai dengan rapi.
  • Siapkan setrika listrik otomatis dan atur pada suhu tertinggi dan mulailah melipat kelambu jendela dengan ukuran kurang lebih 10 – 15 menit untuk memberi efek gelombang pada kain kelambu.
  • Pasangkan pengait dan kelambu jendela model klasik lipit-lipit siap untuk digantung.
  1. Kelambu Model Kupu-kupu
  • Cara membuat gorden kupu-kupu yang pertama adalah ukur tinggi dan lebar jendela yang akan dipasang dengan kelambu model kupu-kupu.
  • Gunting kain dengan ukuran jendela menjadi patokan kemudian tambahan 5 – 10 cm untuk bagian atas dan bawah tirai sementara lebarnya ditambah sekitar 10 – 20 cm untuk memberikan efek kerutan pada tirai jendela.
  • Jahit keempat pinggir bahan tirai dengan rapi kemudian buatkan loop pada bagian atas dan bawahnya untuk nantinya dimasukkan stik gorden khusus gorden kupu-kupu.
  • Gunakan bahan yang sama atau senada untuk dibuatkan ikatan berbentuk kupu-kupu kemudian untuk menyatukannya bisa tambahkan kancing katup atau kancing biasa tergantung atau sesuai keinginan.
  1. Kelambu Magnetic
  • Cara membuat tirai magnet tidaklah sulit hanya saja pemilihan bahannya sedikit berbeda. Jenis kain kelambu pada umumnya tidak bisa dibuat kelambu magnetik karena hanya bisa menggunakan bahan plastik.
  • Ukur tinggi dan lebar jendela dengan ditambah 5 – 10 cm kemudian gunakan tinggi dan lebar jendela untuk memotong bahan plastik yang nantinya digunakan sebagai kelambu lalu potong menjadi dua bagian untuk sisi kanan dan kiri jendela.
  • Jahit keempat sisi bahan kelambu kemudian buatkan loop yang nantinya akan dimasukkan besi magnetik.
  • Setelah jadi gunakan paku payung untuk memasang kelambu magnetik pada jendela.

Artikel Terkait:

Ternyata cara membuat gorden sendiri tidaklah sulit namun mungkin sifatnya relatif di setiap orang. Jika Anda sudah terbiasa dalam hal jahit menjahit maka tidak sulit sama sekali untuk membuat kelambu jendela namun jika Anda juga masih awam dalam hal jahit menjahit maka membuat kelambu jendela bisa menjadi sangat rumit. Pemilihan kain untuk kelambu juga berpengaruh, beberapa bahan untuk kelambu sangat licin sehingga sedikit menyulitkan dalam proses menjahitnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,