8 Cara Membuat Kelambu Jendela Sendiri

Cara membuat kelambu jendela sendiri ternyata sangat mudah yang Anda perlukan hanya keterampilan dasar menjahit baik secara manual ataupun menggunakan mesin jahit. Kelambu jendel lebih dikenal dengan istilah tirai, fungsinya sendiri sangatlah banyak, tak hanya kelambu pengusir nyamuk yang efektif serta mencegah agar tidak masuk ke dalam ruangan tapi juga bisa membuat ruangan terlindungi dari teriknya sinar matahari, angin yang kuat bahan debu yang berterbangan dari luar.

Artikel terkait:

Keuntungan Membuat Kelambu Jendela Sendiri

Walaupun saat ini banyak sekali dijual jenis kelambu jendela mulai dari jenis kelambu portable yang bisa dibongkar pasang sampai aneka jenis kelambu modern dengan desain yang unik-unik tapi membuat kelambu jendela sendiri memberikan keuntungan tersendiri.

  • Keuntungan pertama tentunya lebih ekonomis karena Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli bahan dan tidak perlu menambah biaya untuk upah menjahit.
  • Anda bisa membuat kelambu jendela sesuai dengan besar dan tinggi jendela yang Anda miliki jadi tidak perlu takut kekecilan atau kebesaran.
  • Untuk pilihan bahan Anda bebas memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda begitu juga dengan motif. Saat ini sedang tren memadukan motif tirai dengan seprai tempat tidur sehingga membuat kamar menjadi lebih cantik.

Cara Membuat Kelambu Jendela Sendiri

Terdapat banyak sekali jenis kelambu untuk jendela namun sebagai pemula Anda tidak perlu membuat sesuatu yang terlalu sulit karena ada juga model kelambu jendela yang bisa dibuat dengan sangat mudah. Cara membuatnya tidak sama dengan cara membuat kelambu magnet pintu  tapi cara membuat tirai magnet pintu bisa juga diaplikasn untuk membuat kelambu jendela walaupun cara berikut ini relative lebih mudah untuk dilakukan oleh pemula.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan bahan untuk kelambu atau tirai jendela. Bahan untuk kelambu bisa jenis apa saja mulai dari katun, linen, satin ataupun dari bahan renda.
  • Ukur lebar dan tinggi jendela Anda. Untuk lebar kain sebaiknya memiliki panjang sekitar satu setengah dari ukuran lebar jendela sementara tingginya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda apakah ingin pas-pas dengan tinggi jendela ataupun ingin dilebihkan.
  • Setelah kain digunting jahir keempat pinggir jendela dengan rapi.
  • Siapkan setrika listrik otomatis dan atur pada suhu yang cukup tinggi ataupun sesuai dengan jenis bahan yang digunakan untuk kelambu.
  • Lipat kain jendela dengan ukuran lebar kurang lebih 10 cm untuk memberikan efek gelombang pada kelambu jendela.
  • Kemudian jika setrika sudah cukup panas, setrika bagian kain yang tadi sudah dilipat sehingga memberikan efek garis semi permanen. Hal ini memudahkan Anda nanti untuk memasang pengait pada bahan jendela.
  • Kalau perlu beri lipatan kecil sekitar 1-2 cm pada bagian atas bahan kelambu jendela agar memudahkan proses menyelipkan pengait tirai jendela.
  • Kelambu untuk jendela pun siap untuk dipasang.

Artikel terkait:

Adapun fungsi memberikan lipatan kecil pada setiap bagian pengait tak hanya memudahkan proses menggantung kelambu jendela tapi ketika nanti dicuci dan harus disetrika kembali Anda tidak perlu mengukurnya kembali karena sudah ada tanda lipatan dan hanya tinggal disetrika saja.

Setelah tahu cara membuat kelambu jendela sendiri tentunya Anda sudah tidak sabar lagi untuk membuatnya. Jika Anda memiliki bahan yang tak lagi terpakai bisa juga dijadikan seperti perca yang disambung-sambungkan sehingga memberikan kesan yang artistik dan tentunya kelambu jendela buatan Anda tidak ada dijual dimanapun.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,