7 Cara Membuat Kelambu Tempat Tidur Sendiri Paling Mudah

Tempat tidur atau kamar menjadi tempat paling nyaman bagi sebagian orang. Tempat tidur yang nyaman tidak hanya ditentukan dari jenis kasur dan bantal yang digunakan, tetapi juga lingkungan di dalam dan sekitarnya yang kondusif. Saat berada di tempat tidur, pasti kita menginginkan ketenangan dan kenyamanan, serta bebas dari gangguan nyamuk, bukan? Nah, karena itu seringkali kita menggunakan kelambu untuk melindungi diri dari gangguan nyamuk.

Kelambu ini bisa diartikan dengan kain yang bentuknya seperti jaring dan transparan sebagai penutup tempat tidur. Kelambu bisa didapatkan di pasaran. Bahkan kita sebenarnya dapat membuat kelambu tempat tidur sendiri. Bagaimanakah caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

Tentukan Jenis Kelambu

Ada beberapa jenis kain kelambu yang bisa menjadi pilihan, antara lain:

1. Self Supporting Mosquito Nets

Kelambu jenis ini berbentuk lekukan. Tidak ubahnya seperti tenda mini. Kelambu ini mudah dipasang dan dilepas. Selain melindungi dari nyamuk, kelambu ini juga memberikan perlindungan dari serangga, reptil kecil dan binatangberukuran kecil lainnya.

2. Wedge and Ridge Mosquito Nets

Bentuk kelambu yang satu ini menyerupai potongan kue. Pemasangannya mirip seperti tirai atau gorden, yakni digantung menggunakan besi panjang atau kawat. Dengan kelambu ini, seluruh sisi tempat tidur akan terlindungi. Model pemasangannya dibuat permanen sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana.

3. Bell Mosquito Nets

Nama lain dari kelambu ini ialah kelambu lonceng. Sesuai dengan namanya, kelambu ini berbentuk menyerupai lonceng dan pemasangannya mengelilingi tempat tidur. Volumenya yang besar membuat ruang gerak di tempat menjadi lebih luas.

4. Box Mosquito Nets

Kelambu model ini disebut juga dengan kelambu gantung. Dinamakan demikian karena kelambu ini memiliki kerangka khusus sehingga bisa digantung di atas ranjang. Terbuat dari material yang cukup berat.

5. Menyesuaikan Ukuran Tempat Tidur

Mengukur luas tempat tidur sebelum mulai membuat kelambunya sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya permukaannya, tapi meliputi juga ruang gerak yang Anda inginkan yakni dari langit-langit hingga ke lantai bawah.

6. Memilih Jenis Kain

Kelambu tempat tidur yang baik terbuat dari kain tipis yang seratnya tidak terlalu padat sehingga sirkulasi udara tetap jaga. Kain yang terlalu tebal dan rapat dapat menyebabkan hawa panas karena minimnya pergantian atau sirkulasi udara yang dapat terjadi. Perhatikan pula dimana Anda membeli kain untuk bahan kelambu. Terkadang kain yang terlihat sama, sebenarnya memiliki kualitas yang beda. Jadi, Anda harus teliti dalam memilih.

7. Menjahit Kelambu

Apabila Anda memiliki kemampuan menjahit baju, maka Anda bisa menjahit kelambu tempat tidur sendiri. Hal ini terbilang lebih mudah daripada menjahit pakaian. Namun, jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam menjahit maka Anda bisa meminta bantuan penjahit kepercayaan Anda. Buatlah kesepakatan harga yang sesuai.

Membuat kelambu tempat tidur sendiri tidaklah sulit dan membutuhkan waktu yang lama karena bentuknya yang simpel. Anda juga harus tahu bagaimana cara memasang kelambu anti nyamuk atau kelambu tempat tidur dengan benar. Selamat mencoba dan semoga kelambu tempat tidur impian bisa segera Anda dapatkan!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,