2 Cara Membuat Kelambu untuk Box Bayi

Cara membuat kelambu untuk box bayi tidaklah sulit hampir sama dengan cara membuat kelambu sendiri pada umumnya yang berbeda mungkin hanya pada segi ukuran. Ukuran box bayi saat ini memang tidak standard dan berbeda-beda jadi harus disesuaikan tapi yang terpenting adalah bagaimana model atau jenis kelambu yang cocok untuk box bayi Anda. Karena box bayi sendiri modelnya ada banyak. Berikut adalah beberapa cara membuat kelambu ayunan bayi atau untuk box bayi berdasarkan modelnya.

Artikel Terkait:

Model Box Bayi Berkelambu

Secara umum hanya ada dua jenis atau model box bayi yang sering menjadi pilihan para orang tua selain karena desainnya memang sangat cantik tapi juga kelambu pengusir nyamuk yang efektif sehingga orang tua merasa sedikit lebih nyaman dan aman ketika meninggalkan buah hati mereka tertidur di dalam box tanpa terganggu oleh gigitan nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Model Box Bayi Tiang Empat

Model box bayi tiang empat merupakan model box bayi klasik yang selalu menjadi favorit para orang tua karena selain bentuknya yang cantik, kelambu segi empat juga bisa dikreasikan dengan aneka hiasan misalnya dibentuk seperti tirai di salah satu sisinya ataupun di keempat sisinya. Cara membuat kelambu model inipun tidak sulit:

  • Langkah pertama adalah pemilihan bahan untuk kelambu pastikan pilihan jatuh pada jenis bahan yang aman untuk bayi tapi maksimal melindungi bayi dari gigitan nyamuk.
  • Kemudian ukur tinggi, lebar dan panjang box bayi. Gunakan ukuran tersebut untuk memotong bahan kelambu.
  • Pertama potong bahan dengan menggunakan ukuran luas (panjang x lebar) ukuran box bayi.
  • Kedua potong bahan dengan menggunakan ukuran keliling box bayi sementara tinggi box+tiang digunakan untuk mengukur tinggi bahan kelambu.
  • Jahit kedua potong bahan tersebut dimulai dari bagian tengah sisi panjang bagian atas kelambu sampai nanti ujung kelambu saling bertemu. Fungsinya jika nanti ketika akan dibuka bisa seperti membuka tirai.
  1. Model Box Bayi Tiang Tunggal

Selain model box bayi tiang empat ada juga model box bayi tiang tunggal. Model ini ada dua jenis dimana di ujung tiangnya terhubung dengan satu batang kayu lurus atau ada juga yang model melingkar yang biasanya terbuat dari besi. Cara membuat kelambu bayi model tiang tunggal juga sama mudahnya dengan membuat kelambu untuk box bayi tiang empat:

  • Langkah yang pertama adalah pemilihan jenis kain kelambu untuk bayi. Pilihlah bahan yang lembut dan efektif untuk menghalau nyamuk tapi tidak terlalu rapat sehingga baik untuk sirkulasi udara.
  • Selanjutnya ukur mulai dari puncak tiang ke sisi terjauh dari box bayi sampai ke lantai. Misalnya tiang berada di puncak kepala box maka ukur kearah ujung kaki box.
  • Gunakan panjang tersebut sebagai tinggi kelambu sementara lebarnya gunakan ukuran keliling box.
  • Buatkan loop pada sisi yang nantinya dijadikan puncak kelambu. Fungsinya untuk dibuatkan tarikan sehingga bisa disangkutkan di ujung tiang tunggal box bayi.

Artikel Terkait:

Ternyata cara membuat kelambu nyamuk untuk box bayi sama saja dengan cara membuat kelambu gantung atau cara membuat kelambu sederhana berbentuk segi empat hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Dengan kata lain membuat kelambu tidur bayi jauh lebih mudah dari pada cara membuat ataupun cara memasang kelambu kasur yang ukurannya lebih besar. Selain itu dengan membuat kelambu untuk bayi sendiri Anda bisa memastikan bahwa kualitas bahan dan desain sesuai dengan keinginan Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,