4 Cara Membuat Tiang Kelambu Tetap Bersih dan Awet

Kita tahu bahwa kelambu merupakan salah satu perlengkapan di kamar tidur yang memang diperlukan bagi mereka yang memiliki bayi.

Bahkan, sebenarnya kelambu bukan hanya untuk bayi melainkan juga sudah mulai bergeser untuk kebutuhan orang dewasa dengan adanya berbagai macam dekorasi kelambu yang akan membuat tampilan kamar semakin indah. Untuk bayi, kelambu lebih berfungsi untuk melindungi bayi dari gigitan atau sengatan serangga.

Salah satu bagian terpenting di dalam kelambu adalah tiang. Tiang pada kelambu berfungsi sebagai penopang agar supaya kelambu tetap kokoh. Seringkali orang terkadang lebih memperhatikan bagian kelambu saja pada saat ingin membersihkannya.

Padahal, mereka juga bisa membersihkan tiang kelambu yang terkadang juga kotor akibat dabu yang berasal dari kelambu itu sendiri. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat tiang kelambu tetap bersih dan kinclong.

1. Siapkan peralatan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan segera bahan yang dibutuhkan. Sebenarnya, membuat tiang kelambu tetap bersih tidaklah terlalu sulit bahkan sangat mudah. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan antara lain seperti sabun, air secukupnya, spon, dan tentunya tiang kelambu yang akan anda cuci.

2. Lepaskan tiang kelambu

Langkah kedua yang anda lakukan adalah mulailah melepaskan tiang kelambu. Ingat, melepaskan tiang dari kain kelambu sebenarnya mudah. Namun jika anda tidak teliti dan melepaskannya secara sembarangan malah bisa merobek kelambu anda tersebut.

Maka dari itu, anda harus melepaskannya secara perlahan-lahan dan pastikan tidak ada bagian kelambu yang masih mengait pada tiang kelambu. Setelah anda melepaskannya, maka pisahkan antara tiang dan kain kelambu anda.

3. Proses pencucian

Pada tahap ini anda sudah bisa mulai mencucinya. Seperti yang sudah kami terangkan di awal bahwa mencuci tiang kelambu tidaklah terlalu sulit, berbeda dengan ketika anda mencuci kain kelambu. Yang perlu anda lakukan adalah membasahi atau mengguyur tiang kelambu dengan air.

Pastikan semua bagian sudah anda guyur air. Setelah itu, mulailah menuangkan sabun cair ke spon dan kemudian anda mulai bersihkan tiang kelambu anda tersebut. Bersihkan secara perlahan-lahan dan pastikan seluruh bagiannya sudah anda bersihkan.

Perhatikan juga jika anda noda yang masih menempel. Periksa juga celah-celah yang ada pada tiang kelambu yang mungkin di sana masih ada sisa-sisa debu. Setelah itu, anda tinggal mengguyurnya lagi dengan air.

Sama halnya ketika anda mengguyur tiang kelambu sebelum dicuci, anda juga harus memastikan seluruh bagian tiang sudah anda guyur bersih. Jangan sampai ada sisa sabun atau busa yang masih menempel di tiang kelambu. [AdSense-C]

4. Proses pengelapan

Cara membuat tiang kelambu tetap bersih dan awet yang terakhir adalah anda tinggal mengelapnya. Disarankan mengelapnya menggunakan kain lap yang tipis dan kering. Selain itu, disarankan agar kainnya dapat meresap air dengan baik sehingga membuat tiang kelambu cepat kering.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,