Cara Membuat Tirai Dari Benang Wol Paling Mudah

Tahukah anda beda tirai dan gorden? Nah buat anda yang masih bingung ini dia beda antara tirai dan gorden. Gorden adalah kain yang digunakan untuk menghalangi pandangan dari luar ke dalam rumah atau ruangan, sedangkan tirai adalah penyekat ruangan yang terbuat dari bahan selain kain, salah satunya adalah benang wol.

Benang wol adalah benang yang terbuat dari bulu hewan terutama kambing dan domba. Benang wol ini biasanya digunakan untuk membuat baju-baju hangat dan dirajut secara manual. Nah jika anda hobi merajut dan mempunyai banyak benang wol sisa yang sudah tidak terpakai, anda bisa gunakan benang-benang sisa tersebut untuk membuat tirai.

Ada 3 jenis tirai yang bisa anda buat, walau sederhana namun tirai dari benang wol ini cantik dan bermanfaat sebagai penyekat ruangan yang unik. Cara membuatnyapun sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

Tirai Jumbay

  1. Siapkan tali kur dengan panjang sesuai dengan lebar jendela atau pintu yang akan ditutup, ikatkan pada paku di kedua sisinya.
  2. Potong benang wol 2 kali panjang jendela atau pintu yang akan dipasang tirai.
  3. Ambil benang wol, lipat jadi 2 dan buat simpul jangkar pada tali kur. Caranya tarik sisi yang tersambung hingga melewati tali kur, kemudian masukkan sisi yang terbelah melewati sisi tersambung, tarik hingga kuat.
  4. Lakukan terus hingga selesai sesuai dengan lebar yang diinginkan.
  5. Selanjutnya anda tinggal merapikan bagian bawah tirai, atau dibentuk sesuai dengan selera anda.

Tirai pom pom

  1. Besar kecilnya ukuran pom pom tergantung dari cetakan yang anda gunakan, jika anda akan membuat pom pom ukuran kecil, anda bisa menggunakan jari anda atau garpu.
  2. Mari kita gunakan garpu saja, gulung benang wol pada diposisi tengah garpu. Makin banyak benang yang digulung maka semakin padat pom pom yang akan anda dapatkan.
  3. Masukkan benang wol kedalam lubang garpung sebelah kiri, bawa ke belakang dan masukkan di lubang yang sejajar di sebelah kanan. Ikat kuat, buat simpul mati 2 atau 3 kali.
  4. Tarik benang wol dari garpu, gunting bagian yang tersambung pada sisi kiri kanan dan kiri.
  5. Pom pom wol anda sudah setengah jadi, sekarang tinggal merapikan dengan menggunting kelebihan benang-benang.
  6. Siapkan benang katun yang lebih besar dari benang wol, masukkan kedalam jarum dan susun pom pom sepanjang benang katun tersebut, banyaknya sesuai dengan selera anda.
  7. Ikat benang-benang berisi pom pom di benang atau kayu sepanjang jendela atau pintu yang akan dipasang tirai. Rapikan and done!

Tirai tassel

  1. Siapkan cetakan berbentuk persegi panjang atau persegi, panjang dan lebarnya sesuai dengan panjang tassel yang ingin anda buat.
  2. Gulung benang wol pada cetakan tersebut, jika anda ingin seragam maka anda harus mengukur panjang benang wol yang akan digulung, misalnya 1 meter atau 1.5 meter.
  3. Masukkan benang lain di satu sisi benang wol, ikat kuat dan tarik benang wol dari cetakan.
  4. Siapkan benang lain lagi, ikat benang wol tadi kira-kira 1 cm dari ikatan benang pertama.
  5. Gunting sisi benang wol yang tidak diikat, rapikan and done. [AdSense-B]
  6. Anda tinggal mengkreasikan dengan menggantung tassel-tassel tadi di benang sepanjang jendela atau pintu yang akan ditutup.

Itulah 3 jenis tirai dari benang wol yang bisa anda buat sendiri dengan menggunakan benang wol. Jangan lupa anda harus mencari tahu bagaimana cara membersihkan tirai jendela agar selalu bersih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,