9 Cara Membuat Tirai dari Kain Flanel

Cara membuat tirai dari kain flannel sangatlah mudah karena kain flannel merupakan salah satu jenis kain yang bisa dikreasikan dengan mudah sehingga tirai yang dihasilkan juga tidak akan seperti tirai kebanyakan. Jika Anda tertarik untuk membuat sendiri tirai dari kain flannel berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Artikel Terkait:

Apa Itu Kain Flanel?

Kain flanel adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol. Proses pembuatannya tanpa ditenun sehingga tidak terlihat adanya motif tenunan benang seperti yang ditemukan pada kain pada umumnya. Karena tidak ditenun, cara pembuatan kain flanel justru dengan menggunakan teknik pemanasan dan penguapan. Ciri-ciri kain flanel sendiri memiliki ketebalan yang relatif lebih tebal dari kain biasa namun agak sedikit kaku. Pinggirannya tidak bertiras sehingga tidak mudah mbrudul sehingga mudah untuk digunting tanpa harus dibuatkan jahitan. Kegunaan kain flanel pada umumnya digunakan untuk craft atau kerajinan tangan termasuk juga kain flanel bisa dibuat tirai.

Artikel terkait:

Cara Membuat Tirai dari Kain Flanel

Kain flanel walaupun sifatnya kaku tapi sangat mudah dibentuk dan salah satunya adalah dibuat menjadi tirai unik penghias pintu atau jendela rumah Anda.

Bahan-Bahan:

  • Kain flanel (warna disarankan warna hijau dan putih gading)
  • Benang dan jarum jahit warna hijau (sesuaikan dengan gradasi warna kain flanel)
  • Benang wol atau benang crochet untuk menggantung.
  • Jarum khusus dengan kepala besar dan mata panjang untuk benang wol.
  • Bahan isian (bisa kain perca ataupun kapas)
  • Gunting
  • Pola tetes air
  • Besi bulat untuk digantung di atas pintu.
  • Cincin-cincin tirai

Artikel terkait:

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah dengan menggunakan pola tetes air, gunting kain flanel sesuai pola yang sudah ada. Buat jumlahnya berpasangan antara warna hijau dan putih gading. Untuk ukuran bisa seragam tapi bisa juga besar dan kecil sesuai dengan keinginan Anda. Sementara banyaknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, jika ingin rapat maka buatlah lebih banyak.
  2. Siapkan benang dan jamur jahit satukan kain flanel yang tadi sudah digunting, warna hijau dan warna putih gading secara berpasangan.
  3. Isi dengan isian lalu lanjutkan untuk dijahit sampai Anda yakin bahwa isian tidak akan keluar. Maka Anda akan mendapatkan satu bagian kecil tirai berbentuk tetes-tetes air.
  4. Lakukan langkah nomer 2 dan 3 sampai semua kain flanel yang tadi sudah digunting habis.
  5. Selanjutnya gunakan jarum khusus untuk benang wol yang ukurannya lebih panjang dengan ujung lebih tajam. Ambil satu persatu kain flanel berbentuk tetes air tadi dan satukan sampai membentuk untaian panjang. Pastikan beri jarak sehingga terlihat seperti tetes-tetes air. Lebih cantik jika dilakukan kombinasi ukuran besar dan kecil.
  6. Pastikan panjang setiap benang sama panjang lalu ikatkan ke cincin-cincin tirai.
  7. Install besi bulat untuk menggantung di atas pintu atau jendela yang akan diberi tirai.
  8. Masukkan cincin-cincin tirai tadi dan atur jaraknya.
  9. Rumah Anda akan terlihat cantik dengan tirai dari kain flanel buatan sendiri.

Artikel terkait:

Satu hal yang harus Anda pahami ketika membuat tirai ataupun aneka hiasan untuk rumah menggunakan kain flannel adalah bahwa kain jenis ini sangat mudah dihinggapi debu karena teksturnya yang berbulu. Oleh karena itu perawatan secara teratur sangatlah penting dan jika tirai flanel menggunakan isian proses pencuciannya juga harus disesuaikan agar tidak kempis sehingga harus dilakukan pengisian ulang.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,