Cara Membuat Tirai Dari Manik-manik Paling Mudah

Kalau sebelumnya kita membahas bagaimana cara membuat tirai dari benang wol dan tirai dari kain flanel, maka sekarang giliran mengetahui bagaimana caranya membuat tirai dari manik-manik. Bagi anda yang rajin dan telaten dan ingin mempunyai tirai yang unik, bisa membuat tirai sendiri dari manik-manik yang banyak beredar di pasaran.

Membuat tirai dengan menggunakan manik-manik cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan benang wol karena manik-manik bentuknya sudah pasti dan mempunyai lubang ditengahnya, sehingga mudah untuk merangkainya. Manik-manik ini beragam bentuknya, hal ini memudahkan kita untuk berkreasi sesuai dengan selera masing-masing. Bahannya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari akrilik, kayu, kerang, batu, logam mulia, tanah liat, gading, tulang. Sedangkan yang buatan pabrik umumnya berbahan logam, plastik, resin, kain, kertas dan yang paling populer adalah kaca.

Ketika orang membuat desain tirai, biasanya mempunyai dua cara:

  • Orang tersebut akan membuat desainnya terlebih dahulu, baru kemudian mencari manik-maniknya. Kekurangan dari cara ini adalah ketika kita tidak menemukan manik-manik yang sesuai dengan desainnya, maka akan diperlukan waktu yang lama untuk mencari terus manik-manik yang dimaksud. Keunggulannya adalah ketika manik-manik yang diiinginkan langsung didapat maka pengerjaannya pun akan cepat karena bisa langsung dimulai. Jalan keluar yang terbaik adalah mempunyai desain cadangan atau si desainer harus rajin melihat-lihat secara offline dan online bentuk-bentuk dan jenis-jenis manik-manik yang tersedia di pasaran.
  • Orang yang kedua adalah yang mencari manik-maniknya terlebih dahulu, baru kemudian mendesain tirai sesuai dengan manik-manik yang ada. Kekurangan dari cara ini adalah jika si desainer tidak mempunyai ide-ide sehingga proses pembuatan tirai akan memakan waktu yang lama. Sedangkan keunggulannya adalah, si desainer bisa langsung berimajinasi dengan manik-manik yang ada dihadapannya sehingga proses produksi akan cepat.

Jika anda sudah siap, mari kita mulai membuat tirai dari manik-manik. Anda harus mempersiapkan:

  1. Manik-manik beraneka warna dan bentuk
  2. Benang katun
  3. Gunting
  4. Tali kur atau tongkat kayu untuk tempat menggantungnya

Caranya:

  1. Siapkan benang katun untuk manik-manik, ukur jendela atau pintu yang akan ditutup tirai dan potong benang sesuai dengan ukuran tersebut. Bentuk bawah tirai bisa lurus, setengah lingkaran, pita atau segi tiga.
  2. Siapkan jarum dan masukkan benang katun kedalam jarum.
  3. Masukkan manik-manik kedalam benang sesuai dengan desain yang anda buat. Jika anda kekurangan ide, bisa browsing di internet. Banyak contoh-contoh tirai mani-manik yang cantik dan unik.
  4. Jika sudah selesai, tinggal mengikatnya dengan simpul mati pada tali kur atau tongkat sepanjang jendela atau pintu yang akan dipasang tirai.
  5. Pasang tirai dan rapikan bagian-bagian yang masih dirasa kurang.

Simpel bukan? Ternyata membuat tirai tidak sesulit yang dibayangkan, begitu juga jika anda ingin membuat tirai magnet, membuat kelambu jendela, membuat gorden semua bisa dilakukan sendiri asal tahu cara membuatnya. Cari saja bentuk-bentuk yang sederhana agar tidak sulit membuatnya.

Memang membuat peralatan rumah sendiri ada keuntungan dan kerugiannya. keuntungannya adalah desain yang ekslusif, jatuhnya harga lebih murah, kepuasan batin bagi yang membuatnya dan kalau banyak yang suka, bisa dijadikan lahan bisnis baru. Sedangkan kerugiannya adalah waktu habis untuk proses produksi, jika ada gangguan kadang-kadang malas untuk mengerjakannya kembali dan jika ada salah satu bahan yang kurang jadi malas untuk memulainya. Namun apapun itu, semua pilihan ada ditangan anda.  Selamat berkreasi!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,