Cara Membuat Tirai Dari Pita yang Mudah Dilakukan

Jika mendengar kata tirai dari berbentuk pita, mungkin anda akan teringat pada tempat cuci mobil otomatis, atau tirai yang berada di gudang-gudang, walau terbuat dari plastik pvc lebar namun bentuknya sama dengan pita. Namun saat ini kita akan membahas cara membuat tirai dari  pita yang biasa digunakan untuk hiasan rambut atau baju.

Tirai dari pita ini bisa digunakan di pintu atau jendela. Mengapa harus tirai bukannya gorden? Karena tirai akan menghalangi sinar matahari, namun ketika angin berhembus, tirai akan tersingkap dan angin masuk menyejukkan ruangan kita. Tirai pita ini sangat bagus untuk dipasang di kamar anak-anak, minta anak memilih warna favoritnya agar anak makin betah berada didalam kamar.

Jika sudah siap untuk mencoba membuatnya, berikut langkah-langkahnya:

Bahan yang harus disiapkan:

  • Pita berukuran 1 inch dengan beraneka warna dan corak.
  • Gunting
  • Pipa ukuran ½” atau pipa untuk gorden

Berikut cara membuatnya:

  1. Ukur lebar jendela atau pintu yang akan dipasang tirai. Ini untuk mengetahui berapa banyak guntingan pita yang dibutuhkan untuk menutup jendela atau pintu tersebut.
  2. Ukur panjang jendela atau pintu dan kalikan 2 dan tambah kira-kira 3 cm. Ini untuk mengetahui panjang pita yang dibutuhkan.
  3. Ukur pita dan gunting sesuai dengan ukuran panjang pintu atau jendela tadi, jangan lupa tambahkan 3 cm untuk ikatan.
  4. Ukur pita yang sudah digunting tersebut sebagai contoh, jika panjang sudah sesuai dengan yang diinginkan teruskan dengan pita-pita yang lainnya.
  5. Selanjutnya anda bisa memulai membuat tirai dari pita dengan menggunakan simpul jangkar (cow hitch).
  6. Susun pita sesuai dengan selera anda.
  7. Jika sudah selesai, rapikan bagian bawah tirai. Bisa dibentuk asimetris, lurus atau setengah lingkaran, tergantung selera anda.

Nah mudah bukan? Ternyata tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat tirai dari pita. O iya, mengenai simpul jangkar, jika anda pernah ikut pramuka mungkin ingat, namun jika tidak tahu atau lupa akan kami ingatkan cara membuatnya. Berikut cara mudah membuat simpul jangkar:

  • Bagi dua pita sama panjang
  • Tarik tali dan lingkarkan pada pipa/tongkat dari bawah ke bagian belakang pipa
  • Bawa ujung pita kebelakang pita yang tadi dan bawa ke depan
  • Lingkarkan pita pada pipa
  • Selipkan pita hingga sama dan sejajar dengan pita yang pertama.
  • Tarik kedua pita hingga simpul mengencang
  • Atau cara yang lebih gampang adalah bagi dua pita sama panjang, lingkarkan dari belakang pipa, masukkan kedua ujung pita kedalam lingkaran yang terbentuk, kencangkan. [AdSense-B]

Itulah cara membuat tirai dari pita, lain halnya jika anda ingin menghindari nyamuk. Anda bisa menggunakan kelambu. Kok terdengarnya kuno ya pake kelambu? Jangan salah! Kelambu sekarang dibuat lebih modern dan modis, sebut saja kelambu gantung Golden Bells, kelambu lipat MR Mogijang atau kelambu modern Mangga dua.

Anda tinggal pilih yang mana yang cocok dengan yang anda butuhkan, dengan menggunakan kelambu selain terhindar dari gigitan nyamuk, juga tempat tidur anda menjadi terlihat lebih modis. Dan tentu saja anda juga terhindar dari paparan obat nyamuk yang sudah pasti beracun dan bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Nah kalau ada yang aman, mengapa harus beresiko pilih yang beracun?

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,