5 Cara Membuat Tirai Magnet – Pelindung Pintu

Cara membuat tirai magnet ternyata tidaklah sulit asalkan Anda memiliki keahlian dasar dalam hal jahit menjahit dan bahan-bahannya pun tidak sulit untuk ditemukan bahkan bahan untuk kelambu bisa menggunakan bahan-bahan yang Anda miliki ataupun tak lagi terpakai. Walaupun memang kebanyakan tirai magnet atau kelambu magnet pintu yang dijual dipasaran terbuat dari bahan plastik dengan motif yang bermacam-macam dan tentunya sangat menarik namun bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi dengan tirai magnet buatan Anda sendiri, malahan Anda bisa memberikan sentuhan pribadi sehingga tirai magnet yang Anda miliki di rumah berbeda dari yang lain. Kelambu magnet merupakan salah satu jenis kelambu modern yang dipasang di pintu walaupun bukan termasuk jenis kelambu portable yang bisa dipasang dan dibongkar dengan mudah.

Artikel terkait:

Cara Membuat Tirai Magnet Sendiri

Jika Anda suka mencoba-coba membuat barang sendiri maka tirai magnet adalah salah satu jenis kelambu yang bisa Anda coba buat sendiri karena ternyata tidaklah terlalu sulit.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

  • Bahan untuk kelambu bisa menggunakan plastik, bahan polyester ataupun bahan renda yang penting tidak tembus oleh nyamuk.
  • Benang untuk menjahit.
  • Besi magnet (untuk panjang disesuaikan dengan tinggi pintu).
  • Paku payung untuk memasang tirai.
  • Rendah hiasan.

Cara membuat:

  1. Ukur terlebih dahulu tinggi dan lebar pintu yang akan dipasang oleh tirai dan perkirakan juga berapa sisa lebar kain untuk memaku ke kayu pintu serta untuk dijahit.
  2. Potong kain sesuai dengan ukuran yang dibuat lalu bagi dua sama lebar. Jahit keempat sisinya agar rapi namun salah satu sisi tingginya dijahit dengan lubang sedikit lebih besar atau cukup untuk memasukkan besi magnet.
  3. Masukkan besi magnet ke dalam lubang yang sudah Anda buat lalu rentangkan di lantai untuk memastikan bahwa kedua sisi tirai sama panjang dan sama besar.
  4. Cara memasang tirai magnet pintu dengan menggunakan paku payung untuk menempelkan tirai magnet.
  5. Terakhir tutup bagian atasnya dengan renda hiasan agar terlihat lebih cantik.

Adapun cara memasang kelambu pintu magnet sangatlah mudah namun yang sulit adalah menemukan ukuran yang tepat dengan pintu Anda. Salah satu keuntungan membuat tirai magnet sendiri adalah karena tirai magnet yang di jual di pasaran memiliki ukuran yang standar sementara ukuran pintu setiap rumah bisa berbeda-beda. Dengan membuat tirai magnet sendiri maka Anda bisa menyesuaikan sendiri tinggi dan lebar tirai magnet. Selain itu untuk pilihan motif tirai juga lebih banyak karena Anda bisa memilihnya sendiri dari berbagai macam jenis bahan tirai.

Artikel terkait:

Tentunya setelah mengetahui cara membuat tirai magnet setiap orang pasti ingin mencobanya, termasuk Anda. Perlu Anda ketahui bahwa tirai magnet memiliki fungsi yang sama seperti manfaat kelambu nyamuk untuk kesehatan dimana Anda dapat memastikan bahwa nyamuk tidak akan masuk ke dalam ruangan tempat dimana anak-anak dan keluarga Anda berada tanpa harus menutup pintu. Namun demikian kebersihan lingkungan sekitar juga harus menjadi perhatian Anda bahwa walaupun Anda sudah memasang tirai magnet di setiap pintu rumah Anda tapi kalau lingkungan sekitar Anda merupakan sarang nyamuk maka tetap saja semua usaha Anda menjadi percuma. Jadi selalu luangkan waktu untuk membersihkan lingkungan sekitar Anda untuk memastikan keluarga Anda terlindungi secara maksimal dari gigitan nyamuk berbahaya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,