5 Cara Memilih Gorden Minimalis Paling Mudah

Rumah bergaya minimalis merupakan satu di antara banyaknya model rumah yang menjadi trend di kalangan masyarakat, terutama daerah perkotaan. Terbatasnya lahan dan biaya menjadi suatu permasalahan untuk mendapatkan rumah idaman. Karena itulah muncul rumah minimalis yang bisa dimiliki oleh berbagai kalangan. Rumah minimalis merupakan rumah yang berukuran standar yang diisi dengan benda-benda interior dengan batas yang minimal agar tidak mengesankan terlalu penuh.

Salah satu benda interior yang penting ialah gorden atau tirai. Benda yang berfungsi sebagai penutup jendela kaca ini harus bisa disesuaikan dengan pasangannya yang tidak lain jendela dan rumahnya. Gorden yang terlalu tebal dan terkesan “berat” tentulah tidak cocok dengan rumah bergaya minimalis. Lalu, bagaimana gorden yang cocok untuk rumah minimalis? Simak ulasan mengenai cara memilih gorden minimalis berikut ini.

1. Memilih Model Gorden yang Paling Sesuai

Ada beragam model gorden yang beredar di pasaran. Setiap model memiliki kriteria yang berbeda. Beberapa yang paling eksis untuk segala model rumah yaitu ripple foldinverted pleat, tailored pleatpinch pleatrod pocket, grommet, goblet dan cubicle. Ketika Anda akan memilih gorden untuk ruang tamu, maka pilihlah gorden yang cocok dipadupadankan dengan warna cat dinding ruang tamu tersebut. Pilihlah yang modelnya sederhana dan tidak terlalu banyak aksen. Misalnya model spanyol. Apabila ingin menambahkan kesan mewah, maka pilihlah gorden model semi spanyol.

2. Menentukan Warna Gorden

Setelah menentukan model gorden yang akan dipasang, Langkah selanjutnya ialah menentukan warna gorden yang paling cocok. Anda bisa menentukannya dengan melihat warna cat ruangan dan furniture di sekitarnya. Usahakan jangan memilih gorden dengan warna yang kontras atau bertabrakan karena akan memberi kesan aneh.

Gorden dengan warna klasik akan memberi kesan manis namun sederhana. Cocok untuk ruangan bergaya minimalis.

3. Sesuaikan Tema Gorden

Meskipun ruangan atau rumah minimalis, Anda mesti bisa menciptakan tema yang mewakili ruangan tersebut. Misalnya tema klasik, modern, vintage, kasual dan lain-lain. Pemilihan tema yang tepat juga berpengaruh pada gorden yang dipilih. Jika keduanya harmonis maka akan tercipta ruangan yang berkonsep rapi dan ideal.

4. Pilihlah Motif Gorden yang Tepat

Gorden tidak selalu polos, ada pula gorden motif yang cocok untuk menghiasi ruangan. Namun, tetap harus disesuaikan dengan isi ruangan. Misalnya untuk ruangan bercat polos, maka gorden motif cocok untuk dipasang. Namun, jika dinding ruangan sudah penuh dengan wallpaper atau lebih dari dua warna dalam satu dinding, maka gorden yang cocok yaitu gorden polos tanpa motif. [AdSense-B]

5. Tentukan Bahan Gorden yang Sesuai dengan Intensitas Cahaya

Selanjutnya tentukan bahan gorden yang paling pas untuk ruangan minimalis Anda. Apabila rumah Anda sudah terkesan penuh dan tebal, maka gorden yang cocok ialah gorden berbahan semi tebal agar sinar matahari tetap dapat masuk dan tidak terkesan lembab. Namun, untuk ruangan dengan intensitas cahaya tinggi, maka gorden yang cocok yaitu gorden berbahan tebal agar tidak terlampau silau dan panas.

Nah, itulah cara memilih gorden minimalis untuk ruangan bergaya minimalis. Perhatikan setiap langkahnya sebelum Anda memilih satu yang tepat. Gorden minimalis ini juga bisa dibuat sendiri asal Anda mengetahui cara membuat gorden sendiri dengan benar.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,