5 Cara Memilih Kain Gorden Paling Tepat

Rumah yang nyaman didesain sesuai dengan kebutuhan dan dilengkapi dengan benda-benda atau furniture yang memadai. Gorden atau tirai merupakan salah satu benda yang hampir selalu ada di setiap rumah. Gorden berfungsi untuk menutupi jendela atau pintu kaca pada malam hari. Jika tidak tertutup, maka pemandangan di dalam rumah akan terlihat dari luar dan itu membuat sebagian besar orang tidak nyaman. Ada juga yang menggunakan gorden pada siang hari untuk menghindari pancaran sinar matahari yang terlalu panas.

Gorden tidak sebatas sebagai penutup saja, namun juga sebagai dekorasi rumah yang semakin mempercantik suasan. Oleh karena itu, pemilihan gorden tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada teknik tertentu yang perlu Anda perhatikan saat memilih kain gorden. Perhatikan cara memilih kain gorden yang tepat seperti berikut ini.

  • Harus Sesuai dengan Ukuran

Kain gorden yang hendak dipasang harus sesuai dengan ukuran jendela atau pintu. Akan lebih baik jika dilebihkan sedikit agar menutupi secara sempurna. Karena jika ukurannya sangat ngepas, maka dikhawatirkan bagian sudutnya ada yang tidak tertutup dengan baik. Pengukuran ini meliputi panjang dan lebar. Gunakanlah meteran dan teknik pengukuran yang sesuai SNI.

  • Pilih Model yang Tepat

Ada beragam model kain gorden yang tersebar di pasaran. Indikator yang harus Anda gunakan dalam memilih kain gorden yaitu pilihlah yang tidak terlalu padat, terawang dan ringan. Kain gorden yang terlalu tebal akan sulit memutar pertukaran udara atau yang dinamakan sirkulasi. Sedangkan kain gorden yang terlalu terawang tidak dapat menutupi dengan baik. Jika terlalu ringan, dapat tersapu oleh angin dan ini akan mengganggu Anda.

Jika rumah Anda bergaya klasik, maka gorden model vintage cocok untuk disematkan. Namun, jika rumah Anda bergaya modern, maka gorden yang tepat ialah gorden kekinian yang simpel namun terlihat elegan dan agak mewah. Lain lagi bila rumah Anda bergaya minimalis, maka Anda harus mempelajari cara memilih gorden minimalis yang tepat. Intinya ialah menyesuaikan dengan kondisi di dalam rumah.

  • Perhatikan Harmonisasi Warna

Warna kain gorden yang dipilih harus disesuaikan dengan warna dinding dan jendelanya. Usahakan jangan kontras karena bisa terlihat aneh. Pilihlah warna yang saling berdekatan dan saling mengisi. Misalnya, bila dinding ruangan berwarna hijau muda, maka pilihlah gorden berwarna semu hijau atau hijau lebih tua. Atau misalkan dindingnya berwarna putih polos, maka pilihlah kain gorden bermotif agar terlihat berisi.

  • Belilah di Tempat Grosir

Harga kain gorden cenderung mahal. Tapi lebih tergantung pada bahannya. Bila ingin mendapatkan harga miring, maka belilah kain gorden di toko bahan grosir. Manfaatkan pula momen-momen tertentu dimana pihak toko akan memberikan diskon atau promo tertentu. Jika pihak toko menawarkan member untuk mendapatkan potongan harga, maka Anda bisa memanfaatkannya. [AdSense-B]

  • Beli Kain Gorden di Siang Hari

Saat membeli kain gorden di siang hari, Anda akan mudah mengamati kualitas kainnya dibandingkan jika membelinya pada malam hari. Anda harus jeli dan teliti dalam mengamati kain gorden tersebut.

Itulah beberapa cara memilih kain gorden yang tepat. Jangan lupa untuk memahami cara membersihkan tirai jendela secara teratur agar awet dan tetap terjaga keindahannya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,