Cara Memperbaiki Resleting Kelambu yang Lepas Paling Mudah

Dunia fashion memang tidak bisa lepas dari yang namanya resleting. Namun dulu ketika pertama kali dipopulerkan, resleting bukan digunakan pada baju dan celana, penasaran?. Nah bagi yang belum tahu sejarahnya, resleting itu dikembangkan oleh Otto Frederick Gideon Sundback, pria berkebangsaan Amerika dari tahun 1906 – 1914, dan kemudian dipatenkan pada tahun 1917. Dan resleting dipopulerkan oleh BF Goodrich pada tahun 1923 pada produk sepatu. Sedangkan penggunaan pada baju dan celana baru dilakukan pada saat perang dunia ke II.

Jaman sekarang resleting bisa ditemukan disemua benda yang dalam fungsinya harus dibuka dan ditutup dengan cepat, rapat dan rapi. Misalnya tutup kasur, kursi, bantal, kelambu dan sebagainya. Khusus pada kelambu, baik itu kelambu nex mogijang, kelambu bayi anti jatuh, kelambu online golden bed ataupun kelambu-kelambu yang lainnya, resleting berguna sebagai kunci pada pintu kelambu. Karena terpapar pada udara terbuka maka pada suatu saat bisa saja resleting ini terkena debu atau kotoran lainnya dan kemudian menjadi macet. Wah pasti kesal kalau sudah begini, soalnya nyamuk bisa masuk.

Bagi anda yang mengalaminya, jangan gusar atau buru-buru membuang kelambu anda. Ada baiknya mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika resleting kelambu anda macet. Berikut cara-caranya:

Menggunakan Grafit

Tahukan anda grafit? Tidak? kalau pinsil tahu dong! Yup grafit ada di pensil no 2. Grafit adalah lapisan atom karbon yang lembut dan dapat dijadikan pelumas. Cara menggunakannya:

  • Gerakkan pensil no 2 pada gigi resleting yang macet keatas dan kebawah seperti gerakan mewarnai.
  • Jika sudah dirasa cukup, gerakkan kepala resleting keatas dan kebawah sampai resleting tidak macet lagi. Namun jika masih macet, anda bisa mengulanginya mengoles dengan grafit hingga resleting kembali normal.

Menggunakan Lilin Batangan

Kalau lilin batangan hampir di semua rumah ada sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu listrik mati. Cara menggunakannya sama dengan grafit:

  • Gosokkan lilin batangan pada resleting yang macet.
  • Tes dengan menggerak-gerakan kepala resleting keatas dan kebawah.
  • Jika masih macet, ulangi langkah no 1.

Menggunakan Sabun Cair

Kemungkinan ketiga adalah resleting kelambu anda kotor, oleh karena itu anda harus mencucinya dengan menggunakan sabun cair. Caranya mudah kok:

  • Siapkan air + sabun cair dalam mangkuk dan lap bersih.
  • Ambil lap dan celupkan pada cairan sabun.
  • Cuci resleting kelambu anda perlahan-lahan.
  • Bilas dengan menggunakan lap bersih kering.
  • Coba dites dengan menggerakkan kepala resleting keatas dan kebawah, ulangi terus proses pencucian hingga resleting lancar.

Menggunakan Tang Penjepit

Jika resleting tidak bisa ditutup maka ada kemungkinan kepalanya resleting rusak. Sebelum anda menggantinya, cobalah memperbaikinya terlebih dahulu. Berikut cara-caranya: [AdSense-B]

  • Siapkan tang penjepit
  • Jepit kepala resleting bagian kiri dan kanan
  • Lakukan dengan perlahan-lahan agar kepala resleting tidak rusak
  • Lakukan tes dengan menarik kepala resleting keatas dan kebawah
  • Jika masih terbuka, ulangi langkah nomor 2 sekali lagi.

Jika dari keempat cara diatas resleting kelambu anda masih saja tidak berfungsi, maka itu tandanya anda harus menyerahkan pada ahlinya. Memang ada kalanya kerusakan sudah parah  sehingga kita tidak akan bisa memperbaikinya.

Namun sebelum pergi ke tukang resleting, lebih baik anda cek ulang kelambu anda. Mungkin kelambu anda sudah tua dan saatnya untuk membeli kelambu baru yang lebih kekinian seperti kelambu magnet pintu, kelambu golden bed deluxe king, atau kelambu gantung golden bed. Bagaimana?

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,