3 Cara Menambal Kelambu Yang Berlubang

Kita tahu bahwa kelambu merupakan salah satu barang yang saat ini sudah mulai dibutuhkan, khususnya mereka yang memiliki bayi. Daripada harus menggunakan obat maupun semrpotan nyamuk, penggunaan kelambu dirasa lebih aman dan lebih nyaman sehingga tidak menggangu tidur bayi.

Namun, fungsi kelambu yang pada mulanya hanya sebagai pelindung bayi sekarang sudah mulai bergeser. Sekarang kelambu juga digunakan sebagai hiasan kamar, meskipun tanpa menghilangkan fungsi aslinya. Jadi, selain digunakan untuk melindungi dari gigitan nyamuk atau serangga, kelambu juga bermanfaat utnuk membuat kamar menjadi lebih cantik.

Dengan begitu, maka siapapun yang tidur di sana akan semakin nyaman dan betah. Namun, penggunaan kelambu juga harus diimbangi dengan perawatan yang baik. Perawatan yang tidak baik bisa mengakibatkan kelambu rusak, salah satunya yaitu tanpa sengaja membuat kelambu berlubang.

Mau tidak mau anda harus segera menambalnya agar supaya ia tidak dijadikan sebagai tempat masuknya nyamuk maupun serangga yang lainnya. Oleh sebab itu, penting bagi anda mempelajari apa saja yang harus anda lakukan untuk menambal kelambu anda.

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan semua peralatan yang anda perlukan. Ada beberapa peralatan yang tidak boleh anda lupakan yang nantinya sangat diperlukan di dalam menambal kelambu anda. Ada tiga peralatan penting, yakni gunting, parca dan juga plastik. Pilihlah plastik yang berkualitas baik dan masih bersih sehingga nanti warnya juga tidak sampai mencolok.

2. Lepaskan kain kelambu

Jika anda sudah menyiapkan semua peralatannya, maka mulailah untuk melepaskan kain kelambu anda. Untuk melepaskannya pun tidak bisa anda lakukan secara sembarangan. Anda harus melepaskan secara hati-hati agar kelambu tidak sampai robek karena terkena tiang penyangga.

Setelah anda selesai melepaskannya, maka kemudian anda letakkan kelambu anda di tempat terpisah dari besi penyangganya. Ingat, anda harus melepaskan secara hati-hati dan rapi. Jangan sampai anda terburu-buru karena yang ada nanti kelambu anda robek dan anda harus menambalnya dua kali.

Selain itu, jika kelambu anda terasa kotor, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain atau bisa anda kibas-kibaskan. Disarankan untuk memakai masker jika memang dirasa debunya banyak agar tidak mengganggu pernapasan anda.

3. Proses penambalan

Nah mulailah kita masuk pada bagaimana proses penambalan kelambu anda tersebut. Anda harus menggunting plastik yang sudah anda siapkan. Ukurannya diusahakan sedikit lebih besar dibandingkan dengan lubang yang ada pada kelambu anda.

Kemudian, anda gunting parca dengan ukuran yang tidak jauh berbeda seperti ketika anda menggunting plastik. Ingat, anda harus menggunakan kain parca yang memiliki warna sama dengan kelambu anda tersebut. Anda bisa mendapatkan parca di toko-toko kain yang ada di sekitar rumah anda.

Bagiamana jika anda tidak punya? Jika ada kan sejenis parca dengan warna yang sama, mungkin anda juga bisa menggunakannya. Selanjutnya, anda tempelkan potongan plastik dari dalam sampai menutupi lubang, kemudain anda tempelkan potongan parca pada bagian bawah plastik. Ingat, arah serat yang ada pada potongan parca harus anda buat sama dengan arah yang ada pada serat kain yang berlubang.

Anda tekan sampai benar-benar menempel atau bisa menggunakan setrika. Hati-hati agar tidak sampai merusak kain kelambu yang lainnya. Demikian informasi tentang bagaimana cara menambal kelambu yang berlubang. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,