8 Cara Mencuci Gorden Bahan Blackout yang Sangat Mudah

Gorden sebagai salah satu perlengkapan rumah mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai penghalang pandangan dari luar ke dalam, sehingga orang luar tidak bisa melihat apa yang terjadi didalam rumah. Dari fungsinya yang sederhana seiring dengan perkembangan jaman, gorden mulai berkembang baik dari jenis bahan dan modelnya. Gorden bukan hanya sebagai penghalang pandangan saja, namun sudah naik peringkatnya menjadi sebagai penghias rumah juga. Dengan banyaknya tutorial di internet bukan hal yang sulit untuk membuat gorden sendiri baik itu yang model biasa maupun yang model kupu-kupu.

Sebagai pengetahuan awal bagi anda yang akan membeli gorden, anda harus tahu cara memilih kain gorden. Pada dasarnya jenis kain gorden yang banyak dipilih oleh konsumen ada 4 yaitu:

  • Jenis kain blackout, yaitu jenis kain gorden yang tebal. Jenis kain ini diklaim bisa memblokir sinar matahari dan meredam suara. Jenis bahannya tebal dan mengkilat serta terlihat elegan. Walau namanya black tapi warna pilihan tidak melulu hitam, banyak pilihan warna yang bisa anda pilih seperti gold, coklat tua, coklat muda, hijau, biru dan sebagainya.
  • Jenis kain lotus lebih ringan dari blackout, namun termasuk kategori yang berat. Kainnya lembut dan sedikit kasar pada motif serat kain. Warnanyapun lembut sehingga cocok untuk ruangan sempit.
  • Jenis kain beludru cocok digunakan untuk ruangan yang besar mengingat warnanya cenderung tua, seperti merah marun, hijau, biru dan abu-abu. Kesan dari gorden terbuat dari jenis kain ini adalah klasik dan romantis. Jenis bahan gorden ini termasuk berat juga.
  • Jenis kain katun sangat cocok digunakan di rumah-rumah minimalis. Sifat bahannya yang halus dan ringan serta coraknya yang bermacam-macam membuat orang banyak memilih jenis gorden yang satu ini.

Dari ke empat jenis kain gorden diatas, yang paling mudah mencucinya adalah yang jenis kain katun. Anda boleh mencucinya dengan tangan atau menggunakan mesin cuci. Namun untuk gorden blackout, gorden lotus dan gorden beludru, anda harus hati-hati dalam mencucinya, bisa-bisa bukannya bersih malah rusak gordennya.

Agar gorden anda tidak rusak, ada baiknya anda membaca label cara merawatnya dengan seksama. Atau anda bisa tanya cara mencuci dan merawatnya ke penjual gorden langsung ketika membelinya. Nah bagi anda yang punya groden berbahan blackout, sudah kotor namun tidak mau mencuci ke binatu, ada cara yang cukup aman untuk mencucinya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Gunakan vacum cleaner untuk meminimalisir debu pada gorden.
  2. Siapkan ember yang lebar (seperti untuk memandikan bayi), isi dengan air dan deterjen yang lembut. Tes deterjen pada ujung gorden terlebih dahulu dengan menggunakan cutton bud, jika ada warna gorden pada cutton bud, carilah produk deterjen yang lain.
  3. Lepas gorden dari relnya dan rendam kedalam air deterjen selama 30 menit. Proses ini bisa diulangi beberapa kali hingga air rendaman lebih terang. [AdSense-B]
  4. Angkat dan putar-putar gorden hingga kotoran hilang.
  5. Bilas dengan air dingin.
  6. Keringkan dengan cara ditekan-tekan diantara handuk kering.
  7. Jemur gorden di area yang tidak terkena langsung sinar matahari.
  8. Gorden bisa langsung digunakan atau jika anda merasa gordennya kusut, bisa disetrika terlebih dahulu namun dengan suhun yang rendah serta gordennya dialasi kain sehingga setrika tidak langsung mengenai gorden.

Demikian cara mencuci gorden bahan blackout, namun jika anda ragu-ragu karena takut malah merusak gordennya lebih baik sisihkan dana khusus untuk mencuci gorden di binatu. Semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,