2 Cara Mencuci Kasur Kelambu Bayi

Cara mencuci kasur kelambu bayi sangatlah penting bagi setiap orang tua untuk mengetahuinya. Sayangnya hal ini tidak banyak disadari oleh para orang tua bahwa kasur kelambu bayi bisa saja menjadi sarang penyakit karena Anda tidak pernah tahu berapa banyak tetesan air kencing ataupun kotoran yang bisa saja menempel pada kasur bayi. Oleh karena itu sangat penting untuk membersihkan dan mencuci kasur serta kelambu bayi secara teratur karena tanpa Anda sadari disanalah tempat sarang kuman yang tentunya dapat mengganggu kesehatan buah hati Anda.

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Kasur Kelambu Bayi

Pada dasarnya walaupun kasur dan kelambu bayi biasanya merupakan satu set tapi keduanya adalah unit yang terpisah sehingga cara membersihkan dan mencucinya juga berbeda.

Cara Mencuci Kasur Bayi

Kasur bayi adalah satu unit yang terpisah dari kelambu bayi dan cara mencucinya jelas sangat berbeda. Jika Anda tahu cara mencuci bantal baik itu cara mencuci bantal dakron atau cara mencuci bantal kapuk maka cara mencuci kasur bayi tidak terlalu berbeda hanya saja mungkin ukuran kasur dan desainnya yang sedikit berbeda.

  • Langkah pertama adalah baca terlebih dahulu label yang biasanya terdapat pada kasur bayi. Pastikan bahwa kasur bayi aman untuk dicuci.
  • Pastikan Anda tahu isi kasur bayi karena cara mencucinya sesuai dengan isi kasur bayi. Untuk kasur isi dacron maka boleh dicuci tanpa harus dikeluarkan terlebih dahulu tapi jika isinya adalah kapas, bulu ataupun kapuk maka harus dikeluarkan terlebih dahulu dan sarung kasur dicuci secara terpisah.
  • Cuci kasur bayi sesuai dengan isinya bisa dilakukan secara manual dengan tangan ataupun menggunakan mesin cuci tergantung ukuran kasur bayi serta kapasitas mesin cuci yang Anda miliki.
  • Sebelum digunakan kembali sebaiknya pastikan kasur sudah benar-benar kering.

Sebaiknya jangan menggunakan kasur tanpa alas pada bayi. Hal ini penting karena selain juga akan memudahkan untuk mengganti seprai dari pada mengganti sarung kasur.

Cara Mencuci Kelambu Bayi

Dibandingkan dengan cara mencuci kelambu javan atau kelambu kasur lainnya, cara mencuci kelambu bayi relatif lebih mudah karena memang karena ukurannya yang kecil sehingga sangat mudah. Namun demikian Anda harus berhati-hati ketika berurusan dengan bahan kelambu karena biasanya bahan untuk kelambu bayi terbuat dari bahan berkualitas baik dan sangat lembut. Berikut adalah beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan ketika mencuci kelambu bayi.

  • Perhatikan suhu air untuk kelambu bayi. Sebaiknya gunakan air hangat untuk memastikan kuman dan bakteri yang menempel mati.
  • Jangan direndam terlalu lama karena jenis kelambu bayi memiliki bahan yang lembut dan akan mudah rapuh jika direndam terlalu lama.
  • Selalu gunakan detergen berformula lembut dengan bau yang tidak terlalu menyengat.
  • Pastikan kelambu benar-benar kering ketika diangat dan sebaiknya jangan langsung menggunakan kelambu yang baru diangkat tapi harus didiamkan terlebih dahulu selama beberapa saat atau hari.

Artikel Terkait:

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kasur Kelambu Bayi

Kelambu pengusir nyamuk yang efektif dan kasur yang empuk dapat membuat bayi tidur dengan lebih nyenyak. Namun kelambu yang kotor dan berdebu juga bisa menjadi sarang penyakit terutama segala jenis penyakit pernafasan apalagi sistem pernafasan bayi masih belum sempurna sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan kelambu. Begitu juga dengan kasur bayi, lebih baik gunakan alas kasur anti ompol sehingga membantu melindungi kasur dari tetesan air kencing namun tetap saja sebagai tindakan pencegahan penting untuk mencuci kasur bayi secara reguler atau teratur.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,