8 Cara Mencuci Kelambu Bayi – Tips Perawatan

Cara mencuci kelambu bayi sangatlah mudah dan sama sekali tidak sulit karena kelambu bayi berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis kelambu kasur lainnya yang ukurannya biasanya disesuaikan dengan ukuran kasur orang dewasa sehingga proses mencucinya lebih sulit karena ukurannya yang besar.

Artikel Terkait:

Jenis-Jenis Kelambu Bayi

Bicara soal jenis kelambu bayi terdapat beberapa jenis kelambu bayi yang harus Anda. Berikut adalah tiga jenis kelambu bayi yang pada umumnya ditemukan di pasaran karena dibandingkan dengan kelambu anti nyamuk untuk orang dewasa, kelambu bayi ternyata jauh lebih beragam karena didesain khusus untuk kebutuhan masing-masing bayi yang lebih suka tidur di kasur, di dalam box tempat tidur ataupun di dalam ayunan.

  • Ada juga jenis kelambu protable khusus bayi yaitu jenis yang bisa dilipat yang biasanya digunakan di atas kasur dengan ukuran sebesar rata-rata ukuran bayi baru lahir.
  • Kelambu bayi untuk box tempat tidur bayi biasanya memiliki model yang lebih beragam karena disesuaikan dengan jenis box tempat tidur bayi.
  • Kelambu gantung ayunan bayi juga ada khusus didesain untuk bayi yang biasanya menggunakan ayunan.

Yang membedakan kelambu kasur dewasa dan kelambu bayi adalah bahan untuk kelambu dimana kelambu untuk bayi biasanya memiliki bahan yang lebih lembut dan didesain khusus untuk bayi sehingga aman dan tidak menyebabkan alergi karena kulit bayi biasanya sangat sensitive.

Cara Mencuci Kelambu Bayi

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa bahan kelambu bayi biasanya lebih lembut sehingga cara mencucinya juga berbeda dengan kelambu pada umumnya jadi harus ekstra hati-hati. Seperti disebutkan di atas dimana terdapat berbagai macam jenis kelambu modern untuk bayi namun cara mencucinya pada dasarnya adalah sama walaupun ada juga beberapa poin penting yang harus Anda ingat.

  • Untuk kelambu box bayi, kelambu ayunan dan kelambu gantung bayi biasanya tidak memiliki besi dan kalaupun ada bisa dilepas sehingga proses mencuci bisa dengan mudah dilakukan.
  • Sementara itu cara mencuci kelambu javan canopy untuk bayi sama persi dengan mencuci kelambu javan canopy dewasa yaitu kelambu harus dilipat terlebih dahulu dan diikat dengan erat karena bahan kelambu tidak dapat dipisahkan dari besinya.
  • Rendam kelambu selama beberapa saat menggunakan detergen yang formulanya lembut seperti detergen cair dan hindari menggunakan detergen bubuk yang kasar, sebaiknyajuga gunakan air hangat untuk merendamnya. Fungsi merendam kelambu dengan air hangat selain menghilangkan debu-debu yang menempel dengan lebih mudah air hangat juga dapat membunuh bakteri yang juga ikut menempel pada kelambu.
  • Jika sudah direndam kuceklah kelambu jika dirasa perlu karena proses merendam tadi juga membatu melepaskan kotoran yang menempel dengan lebih mudah. Karena bahan kelambu bayi biasanya sangat lembut jadi sebaiknya jangan dikucek terlalu keras atau terlalu sering.
  • Kalaupun Anda menggunakan mesin cuci sebaiknya atur mesin cuci Anda pada mode soft atau handwash untuk mencegah serat kelambu terlepas atau rusak karena mesin cuci menggilingnya terlalu keras.
  • Jika tidak terlalu diperlukan jangan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kelambu karena kelambu cukup dikebas-kebaskan saja untuk menghilangkan butir-butir air.
  • Gantung dan jemur kelambu sampai benar-benar kering tapi jangan dibawah sinar matahari langsung.
  • Setelah benar-benar kering kelambu bisa digunakan kembali ataupun disimpan untuk digunakan lagi nanti.

Artikel Terkait:

Mencuci kelambu haruslah dilakukan secara rutin karena bayi memiliki sistem pernafasan yang masih belum sempurna. Fungsi kelambu untuk kesehatan terutama pada bayi tak hanya melindungi bayi dari gigitan nyamuk tapi juga memastikan bayi tidak menghirup udara yang kotor yang mungkin saja dibawa oleh orang dewasa, oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kelambu bayi tetap bersih untuk memastikan kesehatan buah hati Anda selalu terjaga.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,