5 Cara Mencuci Kelambu Berinsektisida Penting Diketahui

Cara mencuci kelambu berinsektisida agak lebih sulit karena kandungan insektisida yang menempel pada serat kelambu bisa sangat berbahaya jika terhirup oleh manusia terutama anak-anak atau bayi yang sistem pernafasannya masih belum sempurna. Padahal salah satu fungsi kelambu untuk kesehatan adalah juga untuk menyaring debu agar tidak terhirup oleh anak-anak. Tentunya Anda tahu bahwa kelambu pengusir nyamuk yang efektif dan melindungi keluarga dari gigitan nyamuk secara maksimal namun kebanyakan orang tua masih juga menggunakan semprotan nyamuk yang mengandung insektisida. Walaupun memang Anda bisa memastikan bahwa nyamuk akan mati dengan menggunakan insektisida namun penggunannya tidak tanpa efek samping.

Artikel terkait:

Efek Samping Penggunaan Insektisida untuk Membunuh Nyamuk

Seperti yang dikatakan di atas bahwa Anda mungkin bisa lebih yakin bahwa nyamuk tidak akan mengigit keluarga Anda setelah disemprot menggunakan semprotan anti nyamuk ataupun serangga namun tahukan Anda bahwa insektisida juga dapat berpengaruh buruk pada kesehatan Anda dan keluarga jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  • Insektisida dapat menyebabkan banyak sekali gangguan pernafasan.
  • Udara yang sudah tercemar insektisida dapat menyebabkan alergi pada manusia.
  • Racun yang terkandung pada insektisida tidak mudah dihilangkan dan jika sudah menempel pada furniture, kelambu, seprai atau bantal dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan tak hanya melalui sistem pernafasan saja.
  • Selalu ada kemungkinan insektisda yang Anda gunakan menempel pada tangan dan Anda menggunakan tangan itu untuk merawat bayi ataupun makan sehingga rancun dapat menyebar dengan mudah disekeliling keluarga Anda.
  • Tak hanya itu penggunaan insektisida juga tidak ramah terhadap lingkungan dan botolnya bisa menjadi limbah yang berbahaya untuk lingkungan.

Artikel terkait:

Cara Mencuci Kelambu Berinsektisida

Jika selama ini Anda menggunakan insektisda ataupun semprotan nyamuk untuk membunuh nyamuk sebaiknya segara hentikan ataupun penggunaannya dibatasi yaitu digunakan jika benar-benar perlu saja. Sebagai langkah awal, bersihkan semua komponen yang mungkin saja bersentuhan langsung dengan racun serangga tersebut seperti misalnya kelambu. Tidak sedikit orang tua yang menyemprotkan langsung semprotan anti nyamuk pada kelambu dengan tujuan agar nyamuk tidak dekat-dekat. Sayangnya tindakan ini justru berbahaya bagi anak Anda yang tidur di dalam kelambu.

  • Sebelum proses pencucian dimulai siapkan baskom yang cukup besar untuk memuat kelambu lalu beri air hangat. Rendam kelambu dalam air hangat selama beberapa saat. Air hangat dapat membantu melepaskan racun-racun insektisida yang mungkin menempel pada serat-serat bahan untuk kelambu.
  • Kemudian siapkan di baskom yang lain, air yang sudah diberi ditergen. Pastikan detergen yang digunakan cukup banyak sehingga memiliki cukup busa untuk mencuci kelambu dan memastikan bahwa tidak ada lagi rancun insektisida yang menempel pada bahan untuk kelambu ketika dicuci nanti.
  • Jika menggunakan mesin cuci pastikan proses penggilingannya menyeluruh ataupun jika mencucinya secara manual pastikan Anda mengucek seluruh bagian kelambu dengan benar.
  • Bilas kelambu selama beberapa kali sampai benar-benar bersih dan tidak lagi meninggalkan busa sabun sama sekali, boleh menggunakan bantuan mesin pengering untuk menghilangkan sabunnya.
  • Jemur kelambu sampai benar-benar kering untuk mencegah tidak adanya jamur yang menempel karena kondisi kelambu yang lembab.

Artikel Terkait:

Selain kelambu lakukan hal yang sama dengan komponen lainnya seperti seprai, sarung bantal, sarung guling, tirai, karpet dan tidak lupa mengelap furniture sampai benar-benar bersih untuk memastikan tidak ada residu insektisida yang menempel dan nantinya dapat terhirup atau justru tertelan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,