5 Cara Mencuci Kelambu Gantung – Model Bulat dan Segi Empat

Cara mencuci kelambu gantung ada dua cara karena pada umumnya ada dua jenis kelambu gantung dan walaupun cara mencucinya tidak terlalu berbeda namun tidak ada salahnya untuk mengenal dua jenis kelambu gantung yang paling banyak digunakan ini. Saat ini memang sudah banyak sekali jenis kelambu modern yang didesain agar mudah dilipat, dicuci dan dibawa-bawa namun ada juga beberapa orang yang lebih memilih menggunakan kelambu gantung.

Artikel Terkait:

Keuntungan Menggunakan Kelambu Gantung

Dibandingkan dengan jenis kelambu portable dan kelambu modern lainnya kelambu gantung ternyata memiliki keuntungannya sendiri dan banyak orang menggunakannya karena alasan tersebut.

  • Kelambu gantung memiliki model yang simpel dan tidak ribet serta cara memasang kelambu gantung sangatlah mudah.
  • Dengan menggunakan kelambu gantung, ketika sedang tidak digunakan kelambu tidak perlu dilepas dan dilipat seperti kebanyakan jenis kelambu saat ini, tapi cukup digulung dan digantung saja.
  • Ketika dibutuhkan, kelambu gantung cukup langsung dilepaskan dari gulungannya atau gantungannya dan tidak perlu disetting terlebih dahulu ketika akan digunakan.
  • Kelambu gantung tidak memiliki besi pengait yang biasanya membentuk kerangka seperti pada kelambu javan canopy sehingga ketika akan dicuci cara mencuci kelambu anti nyamuk model gantung sangatlah mudah karena bisa dicuci secara manual maupun menggunakan mesin cuci.
  • Kelambu gantung banyak jenisnya ada yang digunakan sebagai kelambu kasur dewasa tapi ada juga jenis kelambu gantung untuk ayunan serta box tempat tidur bayi.

Kelima keuntungan menggunakan kelambu gantung di atas adalah beberapa alasan yang digunakan oleh para pengguna kelambu yang memilih untuk menggunakan kelambu gantung.

Cara Mencuci Kelambu Gantung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pada dasarnya terdapat dua jenis kelambu gantung dan cara mencucinya sebenarnya tidak terlalu berbeda, yaitu kelambu gantung bulat dan kelambu gantung segi empat. Kelambu gantung bulat biasanya terhubung dengan besi bulat namun bisa dilepas dan jika sudah dilepas proses mencucinya sama saja dengan mencuci kelambu gantung segi empat.

  • Siapkan baskom yang cukup besar karena biasanya kelambu gantung memiliki ukuran yang relatif lebih besar dibandingkan dengan jenis kelambu lainnya.
  • Isi dengan air hangat serta detergen, boleh menggunakan detergen bubuk tapi pastikan jenis detergen yang digunakan adalah detergen bubuk yang bisa larut sepenuhnya karena ada jenis detergen yang meninggalkan butir-butir halus ketika kering. Butir-butir halus bisa saja masuk ke dalam serat kelambu yang lama kelamaan bisa menjadi sarang bakteri ataupun debu.
  • Rendam kelambu selama beberapa saat, tergantung tingkat kekotoran kelambu, semakin kotor maka proses perendaman bisa menjadi lebih lama. Kalau perlu proses perendaman perlu dilakukan selama beberapa kali.
  • Setelah dirasa cukup, kelambu boleh dikucek atau digiling menggunakan mesin cuci. Lakukan minimal dua kali penggilingan untuk memastikan kelambu benar-benar bersih.
  • Keringkan menggunakan mesin pengering lebih mudah atau jika ada yang membantu bisa cukup dikibaskan saja mengingat ukuran kelambu gantung sangat besar dan agak sulit jika harus mengibasnya sendirian.
  • Jemur kelambu sampai benar-benar kering sebelum kembali digunakan.

Artikel terkait:

Dari dua jenis kelambu gantung di atas, mana yang menjadi favorit Anda. Walaupun demikian pastikan Anda selalu merawat kelambu gantung Anda untuk memastikan kesehatan keluarga Anda terjamin baik dari gigitan nyamuk juga debu serta bakteri yang mungkin saja menempel pada bahan untuk kelambu yang sudah digantung terlalu lama.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,