Cara Mencuci Kelambu Kemah Paling Mudah

Buat anda yang hobi berkemah diluar ruangan, tentu salah satu kendalanya adalah serangga malam termasuk nyamuk yang pastinya banyak sekali berkeliaran di alam terbuka. Namun masalah ini hendaknya tidak menjadikan anda malas untuk menyalurkan hobi yang sangat bagus ini. Hidup di alam bebas tentu sangat bagus untuk menambah pengetahuan dan tentu saja juga untuk merasakan udara yang segar dan bersih.

Salah satu cara yang paling ampuh dan aman adalah dengan menggunakan kelambu, dan sebelum membelinya anda harus tahu cara memilih kelambu untuk berkemah yang aman, praktis dan mudah dibersihkan. Mengapa? karena kelambu kemah anda harus:

  • Aman dari gangguan serangga malam yang mungkin menggangu anda.
  • Praktis karena berkemah adalah kegiatan di luar rumah maka bentuk kelambu harus praktis dan mudah dibawa kemana-mana.
  • Mudah dibersihkan karena kegiatan di alam terbuka tentu semua benda akan langsung berhubungan dengan tanah, dan agar kelambu tetap bersih maka harus memilih bahan yang mudah dibersihkan.

Jika anda sudah yakin, sekarang saatnya anda membeli kelambu untuk kegiatan berkemah anda. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan membeli kelambu kemah agar kelambu bisa berfungsi secara maksimal dan awet. Berikut tips yang bisa anda jadikan pegangan agar anda tidak salah membeli kelambu kemah:

  • Carilah kelambu dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar anda nyaman beraktifitas didalamnya.
  • Banyak sekali model-model kelambu saat ini, gunakan yang paling kamu inginkan
  • Carilah kelambu yang self propping, hal ini akan memudahkan anda memasang dan merapikannya kembali.
  • Carilah bahan kelambu yang mudah dicuci, hindari kelambu berbahan dasar katun karena anda akan kesulitan menghilangkan nodanya.
  • Carilah barang dengan kualitas bagus namun harganya kompetitif.
  • Belajarlah cara melipat kelambu kemah yang baik dan benar agar kelambu kemah anda tidak cepat rusak ketika disimpan atau dicuci.

Jika anda sudah punya kelambu kemah, tentu anda harus menjaga dan memeliharanya agar tetap bersih dan tidak robek. Sebetulnya cara mencuci kelambu kemah sangat mudah, mau tahu caranya? berikut langkah-langkahnya:

  1. Lipat kelambu kemah sesuai petunjuk dari produsen.
  2. Pastikan ikatan pada kelambu kuat, agar ketika proses pencucian kelambu tidak membuka sendiri.
  3. Rendam kelambu pada air deterjen selama kurang lebih 15 sampai 30 menit.
  4. Jika ada noda membandel, anda bisa mencoba menghilangkannya dengan menyikat menggunakan sikat gigi.
  5. Jika nodanya tidak mau hilang, anda bisa mencoba menggunakan pemutih tanpa klorin. Namun harus diingat klorin tidak boleh sampai dibiarkan kering pada kelambu, segera gosok dengan sikat gigi bekas setelah pemutih tanpa klorin dibubuhkan kurang lebih 30 detik pada noda.
  6. Jika sudah bersih, bilas kelambu kemah dengan menggunakan air bersih hingga sisa deterjen hilang.
  7. Jemur kelambu kemah hingga kering.
  8. Lipat kembali kelambu kemah dan masukkan kedalam wadah khusus yang tahan debu agar selama disimpan kebersihannya selalu terjaga.

Demikian cara mencuci kelambu kemah, yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihannya dengan langsung mencuci kelambu kemah anda setelah digunakan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,