2 Cara Mencuci Kelambu Lipat Sesuai Jenis dan Modelnya

Cara mencuci kelambu lipat sangatlah mudah namun tergantung dengan jenis kelambu lipat yang Anda miliki di rumah. Ada jenis kelambu modern anti nyamuk yang bisa dilepas dari kerangka kawatnya dan ada juga yang tidak. Tidak masalah sebenarnya karena apapun jenis kelambu portable yang Anda punya ada caranya tersendiri untuk mencucinya. Kebutuhan kelambu sebagai salah satu alat untuk melindungi keluarga dari gigitan nyamuk sangatlah tinggi karena memang kelambu pengusir nyamuk yang efektif serta lebih sehat dibandingkan dengan penggunaan racun serangga ataupun racun nyamuk yang dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan aneka gangguan pernapasan.

Artikel terkait:

Kelambu Lipat Model Canopy

Jika yang Anda miliki adalah jenis kelambu lipat model canopy dimana bagian kawatnya yang tidak bisa dilepas maka cara mencucinya juga berbeda dan harus bersamaan dengan kawatnya. Dengan kata lain cara mencuci kelambu javan lipat model canopy tidak bisa dilakukan dengan mesin cuci harus secara manual.

  • Pertama adalah lipat kelambu canopy menjadi ukuran yang terkecil lalu ikat agar ketika proses pencucian berlangsung kelambu tidak terlepas. Pastikan Anda tahu cara melipat kelambu javan bed canopy yang benar.
  • Siapkan baskom yang cukup besar untuk menampung kelambu dan isi dengan air bersuhu hangat, tambahkan detergen dan biarkan berbusa.
  • Lalu rendam kelambu di dalam baskom tersebut selama kurang lebih 30 menit agar debu dan kotoran yang menempel lepas dengan sendirinya.
  • Kucek bagian yang menurut Anda perlu untuk dikucek untuk menghilangkan noda kotoran agar lebih bersih.
  • Bilas kelambu lipat sampai benar-benar bersih dari sabun dan jemur sampai benar-benar kering.

Ketika sudah kering jangan langsung disimpan tapi harus dibuka dulu dan dicek apakah kelambu sudah benar-benar bersih dan kering karena kalau tidak kelambu yang lembab justru dapat menjadi sarang penyakit karena mengundang bakteri dan jamur.

Kelambu Lipat Model Lepas

Selain kelambu model canopy ada juga beberapa jenis kelambu lipat yang bagian kawatnya bisa dilepas. Hal ini memang jauh lebih memudahkan proses pencucian karena dengan begitu Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci walaupun memang sebaiknya kelambu dicuci dengan menggunakan tangan.

  • Pertama adalah lepaskan bagian bahan untuk kelambu dengan bagian kawatnya. Lakukan secara hati-hati jika tidak ingin merusah bahan kelambu.
  • Siapkan baskom ataupun mesin cuci, beri air hangat dan detergen berformula lembut dan rendam kelambu selama beberapa menit sampai Anda rasa cukup. Jangan merendamnya terlalu lama.
  • Setelah itu putar mesin cuci dengan menggunakan mode handwash atau soft untuk memastikan bahwa kelambu tetap dalam kondisi baik.
  • Boleh gunakan mesin pengering untuk memastikan bahwa kelambu benar-benar kering dan bersih dari sisa-sisa sabun.
  • Jemur kelambu segera tapi jangan dibawah sinar matahari langsung karena biasanya bahan kelambu terbuat dari bahan sejenis nylon atau plastik yang tidak tahan terhadap panas matahari dan menjadi cepat melar.

Setelah kering periksa kembali apakah kelambu benar-benar kering sebelum akhirnya disimpan atau digunakan kembali.

Artikel terkait:

Mencuci kelambu secara rutin juga merupakan salah satu menjaga kesehatan keluarga Anda. Beberapa orang menggunakan kelambu secara terus menerus, bahkan tidak dilipat dan cukup digantung atau dibiarkan begitu saja ketika tidak digunakan. Kondisi seperti ini membuat debu dan bakteri gampang sekali menempel pada kelambu dan ketika malam hari tiba, anak-anak Anda tidur di dalam kelambu yang berdebu. Bisa bayangkan apa yang terjadi? Walaupun mereka terbebas dari gigitan nyamuk tapi fungsi kelambu untuk kesehatan tak lagi maksimal karena justru penyakit lain mengintai mereka.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,