4 Cara Mencuci Tirai Benang Sampai Bersih

Tirai benang memiliki kegunaan, salah satunya adalah sebagai kelambu pengusir nyamuk yang efektif. Namun, ketika anda menggunakan tirai benang dalam waktu yang lama, tentu hal ini harus diimbangi juga dengan perawatan secara rutin.

Tujuan anda merawat tirai benang adalah untuk tetap menjaga kualitasnya agar supaya tidak sampai mengalami hal-hal yang tidak diharapkan. Dengan mencuci tirai benang secara rutin, maka anda akan tetap menjaga kualitasnya sehingga nyamuk pun juga tidak akan bisa masuk ke tirai tersebut.

Oke langsung saja simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini:

1. Buka tirai benang

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka tirai benang tersebut. Biasanya, tirai benang akan dipasang permanen dengan menggunakan paku payung sehingga yang harus anda lakukan tentu harus membukanya secara hati-hati agar tidak sampai merusak benang atau talinya.

Lebih lengkapnya simak di bawah ini:

  • Buka paku payu secara berhati-hati. Disarankan menggunakan alat bantu yang memang berfungsi membuka atau mencongkel paku payung.
  • Setelah itu, anda letakkan di lantai untuk kemudian anda cek apakah masih ada bagian yang perlu dilepas atau tidak. Lakukan hal tersebut secara berhati-hati agar supaya tirai benang anda tidak robek.
  • Pada tahap ini seharusnya tirai benang sudah siap untuk dicuci.

2. Siapakan peralatan

Langkah kedua yang harus anda lakukan yakni dengan menyaipkan beberapa peralatan atau perlengkapan untuk mencuci tirai. Beberapa peralatan tersebut seperti baskom besar, detergen cair, air secukupnya.

Disarankan anda menggunakan air hangat, namun jangan sampai terlalu panas karena nanti tirai benang anda malah bisa mengekrut. Untuk lebih.

3. Rendam tirai

Setelah mempersiapkan segala perlengkapan, maka mulailah menuangkan air hangat atau bisa air biasa ke dalam baskom besar yang sudah anda siapkan. Kemudian anda harus menambahkan detergen maupun juga cairan lain yang memang berguna membersihkan tirai.

Setelah itu, anda masukkan tirai benang ke dalam baskom. Rendam tirai tersebut kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit. Hal ini bertujuan agar supaya semua kotoran atau noda yang ada pada tirai bisa terangkat. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa melakukan dua kali perendaman.

[AdSense-C]

3. Cuci tirai benang

Sebenarnya tirai benang tidak perlu dicuci dengan cara dikucek karena hanya akan merusak bahannya. Setelah anda selesai merendam, maka ganti dengan air baru dan kemudian anda masukkan tirai tersebut kembali ke baskom.

Jika anda masih melihat adanya noda atau kotoran yang masih menempel, anda bisa membersihkannya dengan cara disikat menggunakan sikat kecil halus.

4. Jemur tirai benang

Cara mencuci tirai benang yang terakhir adalah anda harus menjemurnya. Jangan menjemur tirai benang langsung di bawah sinar matahari karena hal tersebut nantinya hanya akan membuat tirai benang menjadi mengekerut.

Pastikan juga bahwa tirai benang benar-benar kering sebelum anda menggunakannya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,