7 Cara Menghilangkan Kutu Kelambu Paling Mudah

Kutu adalah binatang penghisap darah yang sering terdapat ditempat-tempat sempit, gelap dan kotor. Pada saat-saat tertentu mereka akan keluar dan mulai menghisap darah. Sudah sejak lama manusia berperang dengan kutu, baik itu kutu rambut, kutu busuk, tungau dan lain sebagainya. Salah satunya adalah kutu yang berada pada kelambu. Kelambu yang kotor dan jarang dibersihkan akan berpotensi menjadi sarang kutu. Dan pada akhirnya fungsi kelambu untuk kesehata  malah menjadi penghantar penyakit baru bagi penggunanya.

Bagi anda yang bermasalah dengan kutu kelambu, ada baiknya kelambu anda segera dibersihkan agar kutu tidak menyebar ke benda-benda lainnya. Lebih baik lagi jika anda membersihkan seluruh perabot di kamar tidur anda sehingga kutu-kutu tersebut benar-benar hilang dan bukannya berpindah tempat.

Ada beberapa cara untuk membersihkan kutu yang bisa anda praktekkan, berikut uraiannya:

  1. Cuci kelambu dengan air panas yang dicampur deterjen. Rendam beberapa saat kelambu anda hingga air menjadi hangat, kibas-kibas kelambu hingga kutu rontok. Kemudian bilas dengan air bersih dan jemur. Namun sebelum menggunakan cara ini anda harus cek bahan kelambu anda, ada beberapa bahan kelambu yang tidak bisa dicuci dengan menggunakan air panas.
  2. Jika anda tidak ada waktu mencucinya, jemurlah kelambu anda dibawah terik sinar matahari. Lihatlah jika kutu-kutu sudah mati, anda bisa membersihkan kutu-kutu tersebut dengan menggunakan sapu lidi.
  3. Cara alami yang ketiga adalah dengan menggunakan garam. Buatlah cairan garam yang pekat, dan gunakan botol spray agar mudah diaplikasikan. Semprotkan air garam ke arah kutu-kutu atau tempat yang menurut anda berpotensi ada kutunya. Biarkan sesaat dan kelambu bisa anda cuci seperti biasa.
  4. Cuka juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengusir kutu kelambu. Masukkan cuka ke dalam boto spray dan semprotkan ke arah kutu-kutu tersebut. Biarkan kutu-kutu itu mati dan kelambu anda bisa dicuci seperti biasa. Tambahkan pewangi agar kelambu anda tidak bau cuka.
  5. Ini cara yang paling mudah namun beracun. Jika anda punya obat nyamuk semprot, anda bisa menggunakannya untuk membasmi kutu. Semprotkan insektisida ke arah kelambu yang berkutu, pastikan hidung dan mulut anda ditutup dan lebih baik anda melakukan penyemprotan diluar ruangan agar anda tidak terlalu banyak menghirup insektisida.
  6. Cara yang agak berbahaya adalah dengan menggunakan campuran minyak tanah dan kapur barus. Gerus kapur barus dan campurkan dengan minyak tanah, kemudian gunakan koas untuk mengaplikasikannya diatas kelambu yang berkutu. Mengingat minyak tanah adalah bahan bakar maka anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Setelah kutu-kutu mati maka anda harus mencuci kelambu sesegera mungkin agar bau minyak tanah hilang. Gunakan pewangi yang kuat untuk menghilangkan bau minyak tanah.
  7. Jika anda mempunyai vacuum cleaner, maka anda bisa menggunakannya untuk menyedot kutu-kutu kelambu. Cara ini lebih praktis karena anda tidak perlu mencuci kelambu anda. Kelambu yang di vacuum akan bersih baik dari noda maupun dari kutu. Namun agar lebih pasti bersih dari kutu, jemur kelambu anda dibawah terik matahari.

Demikian cara menghilangkan kutu kelambu, ada baiknya sebelum kutu bermunculan anda secara rutin rajin membersihkan kelambunya. Namun jika anda tidak ada waktu membersihkannya, lebih baik ganti saja kelambu anda dengan kelambu yang baru.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,