7 Cara Menghilangkan Tungau di Kelambu – Tips Perawatan

Cara menghilangkan tungau di kelambu bisa saja menjadi pekerjaan yang melelahkan karena tungau merupakan salah satu jenis serangga yang tak hanya berbahaya untuk kesehatan tapi juga dapat merusak serat kelambu sehingga kelambu akan bolong-bolong dan fungsi kelambu untuk kesehatan tak lagi berfungsi dengan baik karena bahkan kelambu yang Anda miliki tidak mampu melindungi Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk.

Artikel terkait:

Penyebab Tungau Hinggap di Kelambu

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan tungau di kelambu Anda harus tahu terlebih dahulu penyebab utama tungau sampai bisa hinggap di kelambu. Masalah ini erat kaitannya dengan kebersihan karena tungau tidak akan datang jika kelambu yang digunakan sering dibersihkan dan dicuci. Apapun jenis kelambu yang Anda miliki, hendaknya Anda melepasnya, membersihkan dan mencucinya secara teratur. Debu tebal yang menempel seperti panggilan alami untuk tungau agar hinggap dan bersarang.

Artikel terkait:

Cara Menghilangkan Tungau di Kelambu

Jika sudah terlalu terlambat dan tungau sudah mulai bersarang dan menempel di kelambu adapun langkah-langkah yang harus Anda ambil adalah sebagai berikut:

  • Segera lepaskan atau lipat kelambu dari tempat tidur.
  • Kibas-kibaskan kelambu terlebih dahulu di tempat terbuka untuk menghilangkan tungau-tungau yang menempel. Jangan langsung merendamnya karena hanya akan membuat Anda semakin sulit membersihkannya. Cara terbaik untuk melepaskan tungau dari serat bahan untuk kelambu adalah saat dalam keadaan kering.
  • Untuk memastikan bahwa tungau benar-benar hilang atau mati, semprotkan anti serangga ke seluruh bagian kelambu. Ini juga berfungsi untuk mematikan telur-telur tungau yang mungkin masih menempel di sela-sela serat kain. Namun, Anda harus tahu cara mencuci kelambu berinsektisida dari kelambu untuk memastikan ketika nanti kelambu digunakan kembali sudah bebas dari bahan-bahan kimia dan racun yang berbahaya untuk Anda dan keluarga.
  • Setelah dianggap kelambu sudah cukup terbebas dari tungau, siapkan air dalam baskom yang cukup besar untuk menampung semua bagian kelambu. Isi baskom dengan air hangat dan campurkan detergen sampai berbusa dan rendam kelambu selama kurang lebih 30 menit, lebih juga boleh asalkan tidak terlalu lama karena kalau direndam terlalu lama justru akan berbau.
  • Bilas kelambu sampai benar-benar bersih, tidak ada lagi busa sabun yang menempel pada bahan kelambu. Sebaiknya bilas kelambu sampai tiga atau empat kali untuk memastikan bahwa kelambu benar-benar bersih karena sabun yang masih menempel pada serat kain kelambu dapat membuat kelambu menjadi lembab dan mengundang jamur dan tungau.
  • Jemur kelambu sampai benar-benar kering, boleh dibawah sinar matahari langsung tapi jangan terlalu lama, jika sudah dirasa cukup kering pindahkkan kelambu pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung tapi juga bukan tempat yang lembab, karena beberapa jenis kain kelambu yang terbuat dari polyester atau nilon tidak akan tahan terkena sinar matahari.
  • Angkat kelambu ketika sudah kering sempurna tapi jangan langsung digunakan, sebaiknya simpan dulu kelambu selama beberapa hari sebelum digunakan kembali, jadi untuk memastikan keluarga Anda terbebas dari gigitan nyamuk, sebaiknya selalu miliki beberapa kelambu cadangan sehingga jika satunya dicuci masih ada kelambu yang lain.

Artikel Terkait:

Satu hal yang sangat penting yang juga harus Anda ketahui ketika kelambu sudah dilepas yaitu membersihkan seluruh kamar karena bisa saja tungau yang tadinya menempel di kelambu juga menempel di beberapa tempat lain di dalam kamar. Kalau tidak dibersihkan maka walaupun kelambu Anda sudah bersih, tungau dapat kembali dengan mudah dan Anda harus mengulangi lagi proses yang tadi disebutkan di atas.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,