5 Cara Pasang Kelambu Jendela Kupu-Kupu

Apakah Anda tahu bagaimana cara pasang kelambu jendela atau gorden? Kelambu jendela merupakan jenis kelambu yang di pasang di jendela. Tujuan utamanya adalah melindungi Anda dari sinar matahari. Selain itu, kelambu tersebut juga berperan untuk membuat ruangan Anda menjadi lebih indah. Untuk itulah hadir berbagai macam kelambu jendela dengan berbagai motif yang unik.

Untuk jendela kelambu atau yang biasanya kita sebut gorden, sudah banyak motifnya yang dijual di toko kain atau toko kelambu. Anda bisa menyesuaiakan dengan konsep rumah Anda dan keperluan Anda. Selain itu, Anda juga harus memahami bagaimana cara memasangnya yang nantinya akan kami jelaskan pada artikel ini.

Cara memasang kelambu jendela

Di bawah ini akan kami jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memasang kelambu jendela agar supaya tampilan kelambu Anda menarik dan pemasangannya sesuai sehingga tidak mudah lepas dan rapi.

1.  Menyiapkan semua peralatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Jangan khawatir mengenai biaya yang Anda siapkan bahan untuk kelambu ini karena memang kelambu jendela cenderung tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk membeli dan memasangnya. 

Biasanya kelambu jendela bisa Anda beli di toko kain atau toko kelambu maupun juga bisa Anda buat dengan tangan Anda sendiri. Tentu dengan tengan Anda sendiri maka Anda bisa melakukan berbagai macam inovasi dan kreatifitas sesuai yang Anda inginkan.

2. Ukur jendela

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan mengukur kelambu. Sudah tentu sebelum melakukan pemasangan Anda harus mengukur jendela terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar supaya ukuran kelambu tidak sampai terlalu panjang yang mana akan merugikan diri Anda karena membuang-buang bahan. Meskipun nanti Anda bisa menyimpannya.

Anda harus menentukan berapa panjang, lebar, maupun juga tinggi jendela. Pastikan bahwa Anda juga telah mengukur bingkai jendela karena pengukuran yang Anda lakukan juga harus termasuk bingkai jendela. Jika sudah mendapatkan ukurannya, maka mulailah untuk mengurangi masing-masing ukuran tersebut sebanyak 1 cm.

Tujuannya yaitu agar Anda bisa benar-benar mendapatkan ukuran sesuai dengan ukuran gorden atau kelambu jendela yang akan Anda pasang. Akan tetapi ukuran tersebut tidak bisa dijadikan sebagai ukuran akhir. Namun hanya difungsikan sebagai patokan saja sebelum nanti kelambu akan dijahit.

3. Memotong kelambu

Setelah selesai mengukur, Anda harus mulai memotong kelambu tersebut. Anda harus memotongnya sesuai dengan ukuran yang telah Anda tentukan sebelumnya. Bisa juga untuk menambahkan loop yang berguna untuk tempat memasukkan stik gorden yang mana biasanya akan di pasang di atas maupun bawah bingkai.

Pastikan potongan Anda rapi. Jika merasa bahwa potongan Anda kurang rapi, mintalah orang lain yang memang sudah terkenal mampu memotong kain dengan rapi.

4. Jahit kelambu

Jika sudah, maka proses selanjutnya adalah menjahit. Yang harus Anda jahit adalah bagian tinggi. Sementara bagian atas maupun bawah bisa Anda buatkan loop. Jika sudah, langkah selanjutnya Anda harus membuat ikatan kupu-kupu yang posisinya berada di tengah.

5. Proses penyatuan kelambu

Cara pasang kelambu jendela kupu-kupu yang terakhir adalah proses penyatuannya. Anda bisa menyatukannya menggunakan kancing biasa maupun kancing katup dengan menyesuaikan kebutuhan Anda.

Demikianlah 5 pasang kelambu jendela model kupu-kupu yang bisa anda buat sendiri dengan mudah dan simple.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,