Home » Info » 5 Jenis Kain Kelambu Sesuai Jenis Kelambu

5 Jenis Kain Kelambu Sesuai Jenis Kelambu

by ekarifin

Jenis kain kelambu bisa sangat bermacam-macam sesuai dengan jenis kelambu yang ingin Anda buat karena saat ini banyak sekali jenis-jenis kelambu mulai dari kelambu anti nyamuk khusus untuk tempat tidur, kelambu pintu, kelambu jendela sampai kelambu air yang saat ini sedang populer digunakan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran gigitan nyamuk demam berdarah. Jika Anda berniat untuk membuat kelambu sendiri tentunya pemilihan bahan untuk kelambu yang tepat sangatlah penting. Berikut adalah beberapa rekomendasi kain atau bahan untuk kelambu yang perlu Anda ingat jika ingin membuat kelambu sendiri.

Artikel Terkait:

1.       Kelambu Tempat Tidur

Untuk pilihan bahan kelambu tempat tidur orang dewasa sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika Anda tidak alergi pada kain apapun maka semua jenis kelambu bisa Anda pilih seperti kelambu dari katun renda, polyester, kain tulle, kain mesh, nylon, spandex, fitrase yang dirajut membentuk kain jala khusus untuk kelambu.

2.       Kelambu Khusus Bayi   

Pemilihan bahan untuk kelambu bayi memang sedikit lebih menantang karena tentunya sebagai orang tua Anda ingin yang terbaik untuk buah hati Anda. Pilihan kain katun renda, polyester, nylon dan kain mesh bisa menjadi alternatif namun pastikan Anda hanya memilih kualitas kain yang terbaik karena bahkan kain jala dari polyester dan nylon juga memiliki tingkat kualitasnya masing-masing.

3.       Kelambu Jendela

Pilihan kain untuk kelambu jendela sangatlah banyak tidak terbatas pada kain renda atau kain jala saja tapi semua jenis kain mulai dari kain katun, kain linen sampai plastic juga bisa dijadikan kelambu jendela. Untuk ukuran ketebalanpun bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jika Anda tidak ingin terlalu banyak sinar matahari masuk ketika kelambu jendela ditutup maka pilihlah kain yang sedikit lebih tebal dan jika tidak maka pilihlah kain yang tidak terlalu tebal.

Artikel terkait:

4.       Kelambu Pintu

Sama halnya denga kelambu jendela, pemlihan bahan atau kain untuk kelambu pintu juga tidak terbatas pada kain renda, kain jala ataupun kain mesh begitu juga dengan ketebalan kain. Yang jadi fokus utama ketika hendak membuat kelambu jendela atau kelambu pintu justru pada motif atau corak kain serta modelnya.

5.       Kelambu Air

Dibandingkan dengan semua jenis kelambu modern yang sudah disebutkan di atas, pemilihan bahan atau kain untuk kelambu air tidak perlu terlalu dipusingkan karena fungsi kelambu air untuk menghalau nyamuk agar tidak masuk ke dalam tempat penyimpanan air maka bisa dikatakan hampir semua kain bisa dimanfaatkan terutama jika Anda memiliki stok kain yang tidak terpakai di rumah bisa dimanfaatkan untuk membuat kelambu air.

Artikel terkait:

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memulai proyek membuat kelambu sendiri Anda harus tahu jenis kain kelambu yang tepat yang harus Anda persiapkan karena beberapa jenis kain tidak cocok untuk jenis kelambu tertentu. Sebagai contoh, kelambu untuk tempat tidur sebaiknya dipilihkan jenis kain yang tipis dan berjaring, sementara kain yang tebal lebih cocok untuk kelambu jendela atau kelambu pintu. Untuk kelambu bayi pun dipilihkan jenis kain yang tidak panas serta baik untuk sirkulasi udara. Dengan kata lain, pemilihan jenis kain untuk kelambu bukanlah sesuatu yang bisa Anda pandang sebelah mata. Namun demikian membuat kelambu sendiri akan memberikan kepuasan tersendiri karena Anda bisa memberikan sentuhan pribadi kepada setiap kelambu yang Anda buat untuk melindungi keluarga Anda baik dari sinar matahari, debu ataupun gigitan nyamuk.

You may also like