Inilah 3 Nama Kain Kelambu untuk Membuatnya

Sejarah kelambu konon berasal dari Bangladesh. Kelambu tercipta dari rasa cinta orang tua pada anaknya, awalnya memakai kain biasa namun kedua orang tua tersebut terinsipirasi lagi oleh anaknya yang masuk kedalam sebuah tudung saji. Namun kisah lain tentang sejarah kelambu ini muncul juga di tanah Inggris. Kelambu sudah digunakan oleh bangsa Inggris sejak jaman Victoria, mereka menggunakan kelambu sebagai penahan gigitan nyamuk. Seiring dengan perkembangan jaman, kelambu selain berfungsi sebagai penahan gigitan nyamuk juga menjadi hiasan tempat tidur, kain sutra, kashmir dan kain-kain mahal lainnya mulai dipakai untuk memperindah tempat tidur.

Saat ini kelambu sudah jarang ditemui dipakai di rumah-rumah. Ya di jaman modern ini orang-orang lebih senang menggunakan obat nyamuk yang praktis, selain itu kondisi rumah modern pun lebih tahan terhadap kedatangan nyamuk dari luar. Salah satu cara untuk mencegah masuknya nyamuk adalah dengan menggunakan pintu atau jendela berkasa.

Namun bukan berarti saat ini tidak ada orang yang menggunakan kelambu, bagi yang mengerti kesehatan lebih memilih menggunakan kelambu dari pada obat nyamuk. Apalagi kelambu sekarang sudah berbeda dengan kelambu jaman dulu, seiring perkembangan jaman, kelambu pun mengalami perkembangan yang signifikan baik dari bahan, corak, jenis dan modelnya.

Begitupun kain-kain yang digunakan untuk membuat kelambu, para inovator selalu sigap dengan permintaan pasar dan terus berinovasi. Menurut jenis benang yang digunakan berikut adalah nama kain kelambu:

  1. Kain kelambu polyester, terbuat dari benang polyester. Benang polyester ini adalah benang sintetik terbuat dari biji plastik. Kekurangan dari kain jenis ini adalah panas, namun kelebihannya adalah tidak mudah kotor, tidak mudah belel, lebih mudah dibersihkan karena kotoran dan debu tidak mudah menempel serta mudah dicuci.
  2. Kain kelambu katun, terbuat dari benang katun. Benang katun adalah benang berasal dari serat kapas atau serat alami. Kelebihannya adalah adem dan nyaman, sedangkan kekurangannya adalah kotoran mudah menempel sehingga susah dibersihkan. Warnanya pun lebih cepat belel. Bagi anda yang memilih kelambu dari kain katun, anda harus rajin-rajin merawatnya agar senantiasa terjaga kebersihannya.
  3. Kain kelambu nilon, terbuat dari plastik sintesis. Jenis kain kelambu ini sangat mudah dibersihkan, jenis kelambu nilon ini sangat cocok bagi anda yang tidak punya waktu lebih untuk secara rutin membersihkan kelambu.

Jika anda sudah membelinya, ada beberapa tips agar anda nyaman dalam menggunakan kelambu yaitu:

  • Pilih lubang kelambu yang tidak terlalu kecil namun masih bisa menahan nyamuk.
  • Pemakaian kelambu pasti sedikitnya menghalangi masuknya udara kedalam tempat tidur sehingga anda bisa merasa kepanasan atau tidak nyaman, oleh karena itu pastikan sirkulasi kamar anda bagus agar udara bisa berputar.
  • Pastikan anda merawat kelambu secara rutin.

Itulah tiga tips agar anda merasa aman dan nyaman dalam menggunakan kelambu. Semoga terinspirasi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,