Penggunaan Kelambu Berinsektisida untuk Mengusir Nyamuk Malaria

Berbagai upaya dilakukan oleh berbagai pihak untuk mencegah penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Salah satunya dengan menggunakan kelambu yang mengandung insektisida atau Long Lasting Insecticed Nets. Kelambu berinsektisida ini dinyatakan ampuh oleh WHO dapat mencegah penyakit yang ditularkan nyamuk khususnya malaria. Menurut data WHO pada tahun 2007, angka kematian akibat malaria telah turun sebanyak 50% di daerah endemik benua Afrika.

Di Indonesia sendiri diperkirakan sekitar 35% penduduk tinggal di daerah yang beresiko tertular malaria. Oleh karena itu Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), ingin mewujudkan masyarakat bebas malaria. Saat ini pemerintah tengah menggalakkan pemakaian kelambu berinsektisida yang ampuh membunuh nyamuk namun diklaim tidak berbahaya bagi manusia.

Nah agar kelambu berinsektisida efektif penggunaannya di suatu daerah endemik malaria, maka ada beberapa syarat yang harus terpenuhi yaitu:

  1. Penduduk yang menggunakan kelambu berinsektisida dalam daerah endemik tersebut harus lebih dari 80%.
  2. Pemasangan kelambu berinsektisida harus tepat dan benar menutupi tempat tidur.
  3. Gunakan kelambu berinsektisida yang bermutu tinggi sehingga efektif dapat membunuh nyamuk hingga tiga tahun lamanya.
  4. Pilihlah kelambu berinsektisida yang terbuat dari kain kelambu berkualitas tinggi agar tidak mudah robek.
  5. Jika menggunkana kelambu berinsektisida jenis celup ulang, anda harus ingat untuk mencelup ulang selama periode 6 bulan sekali. Buatlah tanda di kalender anda agar tidak lupa.
  6. Rawat dengan baik kelambu berinsektisida anda, periksalah secara rutin barangkali ada kainnya yang robek. Dan juga bersihkan secara teratur dari debu yang menempel.

Selain ke enam syarat diatas, manusianya pun harus berusaha menghindari gigitan nyamuk. Misalnya dengan mengurangi kegiatan malam di luar rumah, atau jika terpaksa anda bisa menggunakan lotion anti nyamuk agar tidak digigit nyamuk.

Mengingat banyak kelambu berinsektisida, maka anda harus tahu cara menggunakannya. Karena kelambu ini mengandungn insektisida untuk membunuh nyamuk, maka ada beberapa tahap untuk memasangnya agar fungsinya maksimal namun tidak membahayakan manusia. Berikut bagaimana cara memasang kelambu berinsektisida yang aman:

  • Kelambu berinsektisida yang baru harus diangin-anginkan terlebih dahulu selama sehari semalam sampai baunya menghilang atau berkurang. Caranya adalah dengan menggantungnya ditempat yang teduh.
  • Jika ranjang anda mempunyai rangka hingga keatas, maka anda bisa mengikat ujung kelambu pada empat titik rangka tempat tidur. Jika tempat tidur anda tidak ada tiangnya, kelambu dapat digantung pada langit-langit atau dipaku didinding. Ketika tidur jangan lupa ujung bawah kelambu harus dimasukkan ke bawah kasur agar ada celah untuk nyamuk masuk.
  • Gunakan kelambu setiap hari walau dirasa tidak ada nyamuk. Karena kita tidak akan tahu kapan nyamuk akan datang.
  • Ketika siang saat kelambu tidak digunakan, anda bisa mellipat atau menggulung kelambu berinsektisida dan mengikatnya. Hal ini selain membuat kelambu terhindar dari kerusakan juga agar udara berputar leluasa di kamar tidur anda.
  • Jika kelambu anda dirasa sudah tidak efektif mencegah nyamuk lagi, maka lakukan pencelupan ulang sesegera mungkin. Jika anda tidak tahu caranya, anda bisa menghubungi petugas puskesmas dilingkungan anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,