Tips Memilih Kelambu yang Aman untuk Bayi

Membuat buah hati bisa tidur dengan nyaman pasti menjadi satu prioritas utama bagi bunda. Bayi yang mendapatkan kualitas tidur yang baik akan mendapatkan aktivitas sehari-hari yang lebih riang. Kualitas tidur yang baik akan berpengaruh dan juga sangat berhubungan dengan kelambu yang akan anda pilihkan. Oleh karena itulah, anda harus bisa memilih manakah kelambu yang aman dan nyaman digunakan untuk bayi ataukah tidak.

Saat ini ada banyak sekali kelambu yang beredar dengan berbagai desain dan tampilan yang berbeda pastinya. Untuk itulah, memilih kelambu yang tepat dan memang aman untuk bayi akan sangat menguntungkan bagi anda. Ada banyak hal yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan kelambu yang nyaman dan juga aman bagi buah hati.

Berikut Tips Mudah Memilih Kelambu yang Aman untuk Bayi

1. Memilih Bahan Kelambu yang Tepat

Bahan sudah pasti menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Memilih bahan yang tepat akan sangat membantu untuk membuat bayi menjadi lebih nyaman dan nyenyak untuk beristirahat. Ada banyak sekali jenis bahan yang bisa anda pilih untuk menemani tidur anak dengan baik. Bahan-bahan yang bisa anda pilih antara lain seperti :

a. Bell Mosquito Nets

Sesuai dengan namanya, kelambu ini memiliki design yang hampir mirip dengan lonceng. Bahan yang satu ini sangat baik untuk dipilih sebab dengan bentuk yang menyerupai lonceng membuat kelambu ini memiliki ruang yang cukup lebar pada bagian dalam sehingga bayi akan memiliki ruangan yang cukup sehingga tidak membuat bayi akan merasa sempit ataupun gerah saat didalamnya

b. Box Mosquito Nets

Model yang satu ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan kelambu yang bisa melindungi seluruh bagian kamar. Bahan kelambu yang satu ini memiliki tampilan berbentuk kotak yang akan menutupi seluruh bagian kamar dan tergantung dengan rapi dan sangat aman. Sehingga anda tak perlu khawatir ketika anak menggoyang-goyangkannya sebab kelambu ini akan tergantung dengan sangat aman dan kuat.

2. Perhatikan Sisa Kain

Sisa kain juga harus menjadi perhatian khusus yang harus anda perhatikan. Buah hati yang pasti akan menghabiskan waktunya ketika dialam kelambu, sisa kain bisa menjadi satu hal yang membahayakan saat mereka sedang beraktvitias. Pastikan pada saat memasang ataupun memilih kelambu memperhatikan juga tentang sisa kain dari kelambu tersebut.

Sisa kain yang terlalu berlebih akan sangat menganggu bagi buah hati sebab ia tidak akan memiliki ruangan yang cukup untuk bergerak, selain itu sisa kain yang dibiarkan terlalu menumpuk juga bisa menjadi sarang nyamuk ataupun serangga yang bisa saja menyebabkan iritasi bagi anak. Pastikan jika sisa kain juga bisa menutupi setiap bagian dan lubang yang berkemungkinan bisa menjadi pintu masuk bagi serangga dan juga nyamuk.

3. Pengait Menjadi Nilai Tambah

Bentuk kelambu untuk anak yang akan aman dan sangat nyaman untuk digunakan dan tidak mengganggu waktu tidurnya adalah dengan memilih kelambu  yang memiliki pengait. Model dari kelambu ini menjadi model seperti menggantung tetapi tetap memiliki bagian kelambu yang menjuntai kebawah dan menutup seluruh bagian tempat tidur dari anak. Model pengait bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda pilih sebab model ini memiliki model yang lebih stabil dan tidak berubah-ubah ataupun goyang.

4. Perhatikan Perkembangan Bayi

Sangat penting tentunya untuk memperhatikan perkembangan bayi dengan kelambu yang akan anda pilih menjadi pendamping tidurnya. Buah hati pasti akan terus tumbuh dan seiring dengan pertumbuhannya akan membuat anak menjadi semakin aktif dan banyak bergerak. Gerakan-gerakan seperti berguling ke samping, meraih benda yang ada disekitarnya ataupun berdiri sudah pasti haruslah menjadi satu pertimbangan ketika anda memilihkan kelambu untuk bayi. Untuk memperhatikan sisi amannya, anda bisa menambahkan rel yang ada pada kelambu sehingga ketika anak meraih kelambu bisa lebih stabil dan kelambu tidak jatuh dan menimpa bayi.

5. Kelambu yang Cepat Kering

Mau tidak mau ada banyak aktivitas yang dilakukan oleh buah hati meskipun ada didalam kelambu. Mulai dari tidur, buang air kecil ditempat ataupun pemberian susu. Berbagai kegiatan ini sangat memungkinkan untuk adanya air yang nantinya akan mengenai kelambu. Kelambu yang bisa dan mudah cepat untuk kering sangat dibutuhkan. Kelambu yang cepat kering nantinya berfungsi untuk menghindarkan bayi dari gangguan gatal sebab jika kelambu dibiarkan basah secara terus menerus malah bisa menimbulkan jamur yang sudah pasti akan menganggu untuk bayi.

6. Mudah Untuk Dicuci

Kelambu menjadi salah satu peralatan tempat tidur bayi yang akan sangat mudah kotor. Oleh karena itulah, untuk menambah kenyamanan dan semakin membuat amannya buah hati terhindar dari berbagai kemungkinan yang merugikan memilih kelambu yang mudah dicuci sangatlah penting. Kelambu yang mudah dicuci paling tidak dua minggu sekali akan membuat buah hati mendapatkan tempat yang bersih dan membuat ia mereka benar-benar mendapatkan suasana tidur yang nyaman.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,